PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Thaha Jambi menyerahkan bantuan coorporate social responsibility (CSR)  berupa mobil perpustakaan kepada Kota Jambi untuk mendukung program gemar membaca di daerah itu.

"Ini merupakan mobil perpustakaan ketiga yang kami serahkan untuk Kota Jambi. Dua mobil perpustakaan lainnya diserahkan tahun 2016 lalu," kata Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Sulthan Thaha Jambi Muhammad Hendra Irawan di Jambi, Rabu.

Penyerahan bantuan mobil perpustakaan itu diserahkan oleh EGM Bandara Jambi kepada Wali Kota Jambi yang selanjutnya dikelola oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Jambi.

Selain mobil perpustakaan yang didesain khusus untuk perpustakaan keliling senilai Rp265,4 juta, juga dilengkapi dengan 500-an judul buku baru baik untuk anak SD, SMP hingga SMA.

"Selain mobil juga ada 500-an buku, diharapkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh millenial di Kota Jambi untuk meningkatkan literasi," kata Hendra Irawan.

Sementara itu Wali Kota Jambi H Syarif Fasha mengapresiasi bantuan mobil perpustakaan itu, dan ia menyebutkan Angkasa Pura II cukup konsisten dalam memberikan dukungannya kepada perpustakaan keliling.

"Saat ini Kota Jambi memiliki lima unit mobil perpustakaan keliling, dan tiga diantaranya bantuan dari PT Angkasa Pura II Bandara Jambi," kata Fasha.

Ia menyebutkan, perpustakaan keliling sangat diperlukan untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat baca serta memastikan bahwa kebiasaan membaca buku itu sebagai sesuatu yang keren.

"Sekarang tinggal pilih, mau baca buku boleh, mau baca melalui e-book juga bisa lewat android. Perpustakaan di Kota Bandung saat ini sudah mempunyai sekitar 600-an judul buku yang bisa diakses melalui android di rumah," kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota, mobil-mobil perpustakaan itu saat ini sudah beroperasi di ruang-ruang publik lengkap dengan petugas atau operatornya.

"Sebelum ada wabah COVID-19, mobil perpustakaan hadir di setiap keramaian dan ruang publik, namun saat COVID-19 ini sedikit dikurangi untuk mengurangi kerumunan orang. Tapi ke depan tetap menjadi alat kita untuk meningkatkan literasi masyarakat Kota Jambi," kata Wali Kota menambahkan.
Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan EGM Angkasa Pura II Bandara Jambi M Hendra Irawan tengah meninjau mobil perpustakaan keliling. (ANTARA/Muhammad Hanapi)

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020