Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, mengikuti teleconference The Land Forces Pacific (LANPAC) Symposium, yakni Indo-Pasific Landpower Conference 2020 yang diikuti perwakilan sejumlah negara.

"Indo-Pacific Landpower Conference membahas keseimbangan keamanan wilayah serta respons dan penanganan terbaik pasukan USFK Semenanjung Korea terhadap COVID-19," kata dia, melalui siaran pers TNI AD, di Jakarta, Rabu.



Selain Indonesia, beberapa negara yang tergabung dalam wilayah kerja United States Army Pacific (USARPAC) mengikuti simposium itu, di antaranya India, Korea Selatan, Nepal, Kamboja, dan lain-lain.

Simposium yang rutin digelar setiap tahun itu pada pada tahun ini membahas mengenai pandemi Covid-19 yang telah menjangkiti masyarakat di belahan dunia.

Subtemanya, kata dia, membahas keseimbangan keamanan wilayah serta respon dan penanganan pasukan USFK (US Forces Korea) di Semenanjung Korea terhadap Covid-19.



Selain itu, terdapat pembahasan mengenai kampanye melawan Covid-19 dengan mengusung visi dan misi untuk melindungi pekerja dan prajurit.

Dipaparkan dalam simposium, terdapat pasukan dari militer untuk melindungi dan mempertahankan pasukan dengan menerapkan langkah-langkah perlindungan kesehatan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut Covid-19.

TNI AD rutin mengikuti simposium tahunan yang diadakan USARPAC itu dengan topik pembahasan yang disesuaikan dengan perkembangan situasi internasional.
 

Pewarta: Zuhdiar Laeis

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020