Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan rapid test terhadap 155 warga untuk memastikan penyebaran virus COVID-19.

"Rapid test atau tes cepat dilakukan secara serentak terhadap 155 warga dan ini upaya kami dalam melakukan penanggulangan virus corona," kata Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung Timur, Yuslih Ihza di Manggar, Minggu.

Ia menjelaskan, sebanyak 155 warga yang mengikuti rapid test tersebut merupakan jamaah masjid, pedagang pasar, tenaga medis, warga desa dan sebagian ASN.

"Pelaksanaan rapid test ini dilakukan pada empat tempat, jika ada yang reaktif maka dilanjut uji swap," ujarnya namun belum bisa menyebut hasil rapid test tersebut.

Ia mengatakan, pengambilan sample rapid tes dilakukan sebagai bagian dari SOP persiapan tatanan kehidupan baru (new normal) di daerah itu.

"Kita lakukan tes hari ini kepada pedagang pasar, tempat ibadah sama pegawai yang berada di gugus depan pelayanan. Bagian dari proses untuk menuju new normal, semua pihak harus kita libatkan,” kata Yuslih.

Ia mengatakan, dalam beberapa hari ke depan tes juga akan dilakukan bagi pengusaha warung kopi serta usaha-usaha penting yang ada di Kabupaten Beltim.

"Tim terpadu memantau kondisi terkini terkait rencana menuju ke new normal. Kita juga ingin melakukan pemantauan sejauh mana penegakan disiplin protocol kesehatan terutama di pusat-pusat keramaian," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020