Melambungnya harga tanaman hias  yang ngetrend  disebut "janda bolong" atau yang lebih dikenal dengan nama latin  monstera adansoni variegata membuat para petani pembudidaya di Jambi meraih keuntungan.

"Untuk harga  variegata sampai jutaan perdaunnya. Bukan karena permainan pasar, namun permintaan pasar yang sangat tinggi," kata Yanto (63) salah seorang pembudidaya tantanaman hias di Telanaipura Kota Jambi.

Karena memiliki corak yang unik pada daunnya tanaman hias janda bolong variegata (var) yang membuat harga tanaman ini melambung tinggi.

Corak alami pada tanaman variegata tidak semua bisa dimiliki pada tanaman sejenis lainnya.

Yanto mengatakan, bahwa para kolektor tanaman hias sangat antusias memburu tanaman tersebut, karena tanaman variegata langka.

"Dulu tanaman variegata cukup banyak juga di sini, namun saking banyaknya peminat makan semakin berkurang-berkurang juga. Sekarang saya meminta kiriman tanaman ini dari Pulau Jawa," katanya.

Hingga saat ini, peminat tanaman itu cukup tinggi. namun, faktor kelangkaan tanaman hias ini yang menjadi kendala para petani maupun pedagang bunga hias.

Selain tanaman hias yang langka variegata juga berfungsi untuk memperbaiki kualitas udara, dengan meletakkan tamanan dalam ruangan dapat membuat kualitas udara menjadi semakin sejuk. 

Tanaman hias ini pun bisa diletakkan di dalam ruangan karena tanaman hias ini tidak membutuhkan cahaya matahari secara langsung.

Pewarta: Nurul azizah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020