Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo mengimbau pasangan calon kepala daerah pada Pilkada serentak 2020 di Provinsi Jambi, berikut tim suksesnya untuk berperan aktif membuat suasana sejuk menjelang dan pada pemungutan suara digelar, Rabu (9/10). 

"Para calon kepala daerah dan tim sukses diharpakan untuk bersama-sama menjaga situasi Jambi yang kondusif, aman dan damai pada seluruh tahapan Pilkada 2020 ini," kata Kapolda usai memimpin apel pergeseran personil untuk mengamankan Pilkada serentak tahun 2020 di lapangan Mapolda Jambi, Senin.

Ia meminta setiap pasangan kandidat untuk menahan diri dalam menyikapi dinamika yang terjadi pada proses dan tahapan pemilihan kepala daerah dengan menjunjung tinggi demokrasi.

Jendral bintang dua tersebut mengatakan  di Provinsi Jambi terdapat sebanyak 15 orang pasangan calon, yaitu tiga pasangan calon Gubernur Jambi 10 pasangan calon bupati/wakil bupati untuk Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Bungo dan Batanghari serta dan dua pasangan calon wali kota kontestan Pilkada Kota Sungai Penuh.

"Saya minta kepada paslon melalui tim sukses untuk menahan diri dan mengendalikan pendukung masing-masing dengan menjunjung tinggi demokrasi," kata Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo.

Kapolda mengatakan, Pilkada  bukan sekedar menang atau kalah, namun ada  nilai-nilai demokrasi. Ia yakin masing-masing paslon dan tim sukses sudah faham di dunia politik.

"Biarkan masyarakat yang memilih siapa yang terbaik untuk menjadi kepala daerah masing-masing," katanya.

Namun demikian bila terjadi  keberatan terkait hasil pemungutan suara, menurut dia  sudah ada mekanisme yang bisa ditempuh sesuai dengan konstitusi.   Di setiap TPS  ada saksi-saksi, baik dari KPU, paslon maupun parpol.




 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020