Tim Subdit Indaksi Ditreskrimsus Polda Jambi melakukan pengecekan harga bahan pokok di pasar modern Angso Duo Jambi, menjelang libur panjang dan perayaan natal dan tahun baru dimana harga yang melonjak naik cabe merah keriting dimana pasokan mulai berkurang dari sentranya masuk ke Jambi.

Kasudbit I Ditreskrimsus Polda Jambi, AKBP Yuyan Priatmaja, usai meninjau dan mengecek harga bahan pokok di pasar modern Angso Duo Jambi, Selasa mengatakan untuk harga dan pasokan bahan pokok yang masuk pasar secara keseluruhan cukup stabil cuma harga cabe merah keriting yang saat ini masih tinggi harganya mencapai Rp90 ribu per kilogram.

"Harga cabe merah keriting naik dikarena pasokan dari beberapa sentra produksi cabe di Sumatera dan Jawa memang berkurang masuk ke Jambi karena didaerah tersebut terjadi bencana banjir dan gagal panen sehingga tanaman cabe jumlah produksinya berkurang yang berujung dengan melonjaknya permintaan pasar dan naikkan harga dipasaran," katanya.

Kegiatan ini bukan sidak melainkan kegiatan rutin yang dilakukan dari tim Indaksi Ditreskrimsus Polda Jambi yang memang dilaksanakan secara periodik untuk mengecek harga dan pasokan di pasar yang ada di Kota Jambi dan pantauan ini dilaporkan ke tim Satgas Pangan Provinsi Jambi.

Sementara itu untuk harga bahan pokok yang lainnya seperti bawang merah dan putih harga cukup terjaga stabil di harga Rp31 ribu per kilogram dan Rp22 ribu per kilogramnya, kemudian juga daging sapi kualitas baik dijual oleh pedagang di pasar Angso Duo Jambi sekitar Rp120 ribu per kilogramnya.

Sedangkan untuk harga ayam potong broiler dijual pedagang Rp35 ribu per kilogram dan ayam kampung Rp53 ribu per kilogramnya, telur ayam broiler dijual Rp1.600 per butir.

Yuyan menjelaskan, menjelang perayaan natal dan tahun baru atau libur panjang nanti, ketersediaan atau stok untuk bahan pokok di Jambi cukup tersedia dan harga mudah mudah tidak terjadi lonjakan dan kami akan terus pantau kondisi harga di pasaran dan melaporkannya ke satgas pangan Provinsi Jambi.

Tim Subdit Indaksi Ditreskrimsus Polda Jambi selain melakukan pantauan dan pencegecak harga juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan sambil membagi bagikan masker kepada pedagang dan pembeli yang sedang bertransaksi di pasar modern Angso Duo Jambi tersebut.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020