Kepolisian Resor Kota Jambi  dan Gugus Tugas COVID-19 akan mengawal empat titik ruang publik pada malam pergantian tahun yakni Tugu Keris, Gentala Arasy, Tugu Juang dan Danau Sipin.

Polresta akan menurunkan dua per tiga kekuatan personil untuk mengamankan malam pergantian tahun  itu.  

"Personil di Polresta Kota Jambi ada 964 orang, pada malam pergantian tahun akan kita turunkan sekitar 630 personil atau dua per tiga kekuatan," kata Kapolresta Kota Jambi Kombes Pol Dover Christian di Jambi, Selasa. 

Personil Polres Kota Jambi tersebut disiagakan di beberapa titik dalam wilayah Kota Jambi yang menjadi titik kumpul masyarakat, terutama pada malam pergantian tahun. Diantaranya di kawasan Tugu Keris Siginjai, Ancol, Tugu Juang dan kawasan Danau Sipin. 

Tidak hanya kepolisian, Gugus tugas COVID-19 juga akan bersiaga di area publik dalam wilayah Kota Jambi. 

"Di kawasan tersebut akan kita lakukan rekayasa lalu lintas, lalu lintas dari dan menuju lokasi tersebut akan di atur agar tidak terjadi kerumunan di kawasan tersebut," kata Kombes Pol Dover Christian. 

Penyiagaan dan rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19 di daerah itu. Berdasarkan pengalaman pada tahun tahun sebelumnya kawasan tersebut menjadi titik berkumpulnya masyarakat. Jika hal tersebut terjadi pada malam pergantian tahun maka akan berpotensi menjadi tempat penularan COVID-19. 

Dijelaskan Kombes Pol Dover Christian, warga Kota Jambi saat ini berkisar 300 ribu orang lebih, namun pada malam pergantian tahun baru akan meningkat menjadi dua sampai tiga kali lipat. Hal itu dikarenakan banyak warga dari luar daerah itu yang menghabiskan malam pergantian tahun baru di Kota Jambi. 

"Kota Jambi warganya sekitar 300 ribu, jika malam tahun baru bisa menjadi 700 ribu lebih karena warga dari luar daerah yang datang ke Kota Jambi," kata Kombes Pol Dover Christian. 

Selain itu, Kapolresta Kota Jambi meminta kerjasama dari Kapolres di Kabupaten dan Kota yang bertetangga dengan Kota Jambi untuk menghimbau masyarakatnya tidak melaksanakan perayaan malam pergantian tahun baru dan berbondong bondong ke Kota Jambi.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020