Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo memastikan keberadaan dan penyimpanan Vaksin Sinovac untuk COVID-19 aman di gudang Dinas Kesehatan Provinsi Jambi di kawasan Perkantoran Gubernur Jambi, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

"Hari ini saya telah cek dan melihat gudang tempat penyimpanan Vaksin Sinovac untuk COVID-19 di Gudang Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dan semuanya aman di bawah pengamanan Kepolisian Jambi," kata Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo di Jambi, Selasa.

Pengecekan gudang tempat penyimpanan vaksin ini diikuti Gubernur Jambi H Fachrori Umar, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto dengan didampingi oleh Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Heru Nurtopo, Dansat Brimob Kombes Pol Noor Hudaya, Karumkit Bhayangkara dan Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian.

Selain untuk melihat langsung pengamanan gudang tempat penyimpanan vaksin itu, Kapolda juga cek dan melihat kesiapan pengamanan dari gudang tempat menyimpan sementara vaksin COVID-19 sebelum dikirim ke kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.

Kapolda Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo juga menyebut pihaknya telah menerjunkan sejumlah personel untuk mengamankan gudang tersebut, dimana vaksin ini direncanakan akan diberikan atau dibagikan ke kabupaten dan kota pada 14 Januari 2021.

Personel telah diturunkan untuk mengamankan di gudang dengan keamanan ketat dilengkapi kamera cctv oleh aparat gabungan.

Sebanyak 20 ribu dosis vaksin COVID-19 tiba di Jambi pada Senin petang (4/1) sekitar pukul 18.45 WIB setelah melalui jalur darat berangkat dari Jawa Barat, vaksin tersebut tiba di Jambi dengan dikawal ketat kendaraan personel Brimob.

Vaksin dari Biofarma kerja sama dengan perusahaan China Sinovac ini kemudian disimpan di gudang Dinas Kesehatan Provinsi Jambi di kawasan Perkantoran Gubernur Jambi, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

PLT Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Raflizal mengatakan vaksin tersebut berjumlah 20.000 dosis yang tersimpan di dalam sebelas koli. Nantinya vaksin tersebut akan didistribusikan ke kabupaten dan kota di Provinsi Jambi mulai 7 Januari 2021.

"Ini bakal kita manfaatkan atau mulai digunakan pada 14 Januari mendatang untuk tenaga medis dan tenaga medis lainnya seluruh fasilitas kesehatan di Jambi termasuk 207 puskesmas ditambah 1 KKP, tenaga medis di 40 rumah sakit rujukan itu petugas medisnya kita vaksin," kata Rafrizal usai serah terima vaksin COVID-19.

Menurut Raflizal, selain tenaga medis, tokoh masyarakat terpilih juga akan diberi vaksin. Vaksin yang diterima Provinsi Jambi ini merupakan vaksin tahap pertama dan masih ada tahap kedua penyaluran vaksin COVID-19.

"Ini vaksin yang kita terima, kita simpan sesuai dengan prosedur penyimpanan vaksin. Kita punya tempat penyimpanan suhu rendah dan kita pastikan aman," katanya.





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021