Provinsi Bengkulu mendapat jatah lima proyek strategis nasional (PSN) dari pemerintah pusat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah mengatakan, lima PSN itu yakni pembangunan jalan trans, pengembangan pelabuhan, pengembangan bandara, pembangunan jalan tol Bengkulu-Curup-Lubuk Linggau dan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Dari lima PSN itu, tiga diantaranya berlokasi di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu yaitu pembangunan jalan trans, pengembangan pelabuhan Kahyapu dan Malakoni serta pengembangan Bandar Udara Enggano.

"Tahun ini provinsi kita sebagai salah satu daerah yang mendapat kegiatan percepatan pembangunan infrastruktur major project dan PSN dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2020-2024," kata Dedy di Bengkulu, Minggu.

Dedy menyebut, Pemerintah Provinsi Bengkulu akan mendukung penuh upaya pemerintah pusat melakukan percepatan pembangunan di daerah, termasuk menyelesaikan lima PSN di Bengkulu.

Menurutnya, lima PSN yang telah direncanakan itu diyakini dapat memberikan pengaruh positif pada berbagai sektor terutama terhadap pertumbuhan ekonomi.

Kata Dedy, kelancaran akses transportasi akan memudahkan proses keluar masuknya logistik sehingga mendorong geliat perekonomian masyarakat dan menunjang pariwisata di Bumi Rafflesia.

Begitu juga dengan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional di Kabupaten Bengkulu Tengah yang diharapkan mampu mencukupi ketersediaan air minum untuk masyarakat Bengkulu.

"Percepatan pembangunan ini juga terkait dengan pemulihan ekonomi pasca dilanda pandemi COVID-19. Kita berharap ekonomi segera membaik, apalagi vaksin juga sudah ada, mudah-mudahan semua segera pulih seperti sedia kala," demikian Dedy.
 

Pewarta: Carminanda

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021