Bea Cukai dan Polairud Polda Jambi menggelar kerja sama patroli maritim  untuk meningkatkan pengawasan   perairan  baik sungai maupun   laut di  daerah itu.

Dalam kegiatan ini adalah sinergitas antara Bea Cukai Jambi bersama Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Polda Jambi untuk menjaga dan mengawasi wilayah perairan agar Provinsi Jambi tetap aman, kata Direktur Polairud Polda Jambi, Kombes Pol Pahorian Lumban Gaol bersama Kepala Kantor Bea Cukai Jambi, Ardiyanto, Selasa.

Sebelum dimulainya patroli, kedua institusi tersebut seluruh personil mengikuti apel sinergitas yang digelar di Dermaga Polairud Polda Jambi di Angso Duo Jambi.

Disampaikan Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol Pahorian Lumban Gaol bahwa apel patroli sinergitas ini merupakan kegiatan patroli  kemaritimab bersama yang merupakan implementasi salah satu dari delapan Komitmen Kapolri yaitu meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI Polri serta bekerjasama antar aparat penegak hukum dan kementerian lembaga untuk mendukung dan mengawal program pemerintah.

"Kemudian melaksanakan program prioritas Kapolri yang salah satu kegiatannya adalah peningkatan sinergitas dan kolaborasi antar lembaga," kata Pahorian Lumban Gaol.

Selain itu pelaksanaan patroli ini juga untuk memastikan bahwa setiap masyarakat pengguna transportasi air merasa aman dan nyaman dalam setiap aktivitasnya. 

 Hal ini menurut dia wujud bahwa negara hadir dalam melindungi warganya dan tujuan sinergi ini juga untuk menjaga perairan di wilayah Jambi guna mencegah masuknya barang-barang ilegal, kata Kombes Pol Pahorian Lumban Gaol.

Sementara itu Kepala Kantor Bea Cukai Jambi Ardiyanto menyebutkan salah satu tugas Bea Cukai adalah mengawasi keluar dan masuknya barang ilegal termasuk Jambi. Untuk di wilayah perairan Jambi berbatasan langsung dengan Malaysia, sehingga kita perlu bersinergi untuk menjaga kedaulatan Indonesia, sebutnya.

Ardiyanto menyebutkan sinergi adalah kunci untuk mencegah tindak pelaku kejahatan, yang mana sindikat melakukan berbagai cara untuk melakukan kejahatan, sehingga sinergi ini merupakan upaya dalam menimalisasi tindak kejahatan.

"Kita dari Bea Cukai Jambi bersama Polairud Polda Jambi sudah tertekad akan menidak tegas para pelaku kejahatan ilegal yang ada di wilayah perairan Provinsi Jambi," kata Ardiyanto.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021