Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2021 menyediakan bantuan benih padi untuk 25.400 hektar lahan yang di peruntukkan bagi petani di Jambi yang tersebar di sebelas kabupaten dan kota.

"Tahun 2021 ini bantuan benih padi yang tersedia untuk 25.400 hektar lahan dan sebagian sudah didistribusikan," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jambi Akhmad Maushul di Jambi, Kamis.

Bantuan benih padi tersebut bersumber dari Pemerintah Pusat, bantuan tersebut di peruntukan untuk memenuhi kebutuhan benih padi petani di daerah itu. Dinas Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura daerah itu mengupayakan bantuan benih padi tersebut untuk memenuhi target luas tanam pada musim tanam periode pertama.

Dijelaskan Akhmad Maushul distribusi benih padi tersebut di upayakan untuk memenuhi musim tanam Oktober-Maret tahun 2021 di Jambi. Dimana Jambi hanya memiliki dua musim tanam, pertama musim tanam Oktober-Maret dan yang kedua musim tanam April-September. Dan saat ini sudah memasuki akhir musim tanam periode pertama.

"Kita upayakan bantuan benih padi ini dapat didistribusikan pada musim tanam Oktober-Maret ini, karena saat ini cuaca cukup mendukung untuk melakukan penanaman padi," kata Akhmad Maushul.

Tahun 2021 Provinsi Jambi menargetkan luas tanam padi seluas 179 ribu hektar, pada pada musim tanam Oktober -Maret target luas tanam seluas 73 ribu hektar. Dan hingga saat ini masih tersisa 17 ribu hektar lahan untuk memenuhi target luas tanam pada musim tanam Oktober-Maret tahun 2021 di daerah itu.

Selain itu, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura akan kembali mengajukan bantuan benih padi untuk 2.000 hektar lahan kepada Pemerintah Pusat. Hal itu dikarenakan bantuan benih saat ini masih belum mampu memenuhi kebutuhan benih padi petani di daerah itu yang tersebar di sebelas kabupaten dan kota.

"Kita akan kembali mengajukan bantuan benih padi untuk 2.000 hektar lahan," kata Akhmad Maushul.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021