Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi melakukan kerja sama dengan Universitas Dinamika Bangsa Jambi untuk terobosan mempersiapkan mahasiswa memasuki era masyarakat digital.

"Kerja sama di bidang teknologi informasi UIN Jambi sebagai upaya untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki era masyarakat digital," kata Rektor UIN STS Jambi Prof Su'aidi di Jambi, Kamis (8/4).

Pendekatan dakhwah Islam dan pendekatan ilmu, kata dia, saat ini tidak hanya bersifat manual, namun dituntut beradaptasi dengan situasi teknologi informasi yang terus mengalami perkembangan.

Kerja sama dengan Universitas Dinamika Bangsa yang fokus mengembangkan teknologi informasi di Jambi itu, diharapkan dapat menopang cita-cita UIN Jambi menyebarkan pesan kebaikan dalam konteks masyarakat digital, di mana saat ini masyarakat sudah familiar dengan teknologi informasi.

Jika perguruan tinggi tidak bertransformasi mengikuti perkembangan yang terjadi di tengah masyarakat, katanya, cukup sulit bagi perguruan tinggi diterima di masyarakat.

Kerja sama antara UIN STS Jambi dan Universitas Dinamika Bangsa Jambi tersebut, implementasi dari Kampus Merdeka Merdeka Belajar (KMMB). Mahasiswa di masing-masing perguruan tinggi dapat mengambil mata kuliah lintas prodi, lintas fakultas dan atau lintas perguruan tinggi yang disesuaikan dengan jurusan dan mata kuliah masing-masing mahasiswa.

"Implementasi Kampus Merdeka Merdeka Belajar paling fisibel dilaksanakan dalam kerja sama ini, mahasiswa UIN Jambi bisa mengambil kredit kuliah di Universitas Dinamika Bangsa, begitu pula sebaliknya," kata Prof Su'aidi.

Selain itu, UIN STS Jambi saat ini tengah mendesain program desa digital dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat UIN STS Jambi. Melalui program desa digital tersebut memberikan ruang agar bisa bersama-sama menggunakan pengetahuan teknologi untuk kepentingan masyarakat.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021