PT. Pegadaian (Persero) Area Jambi terus meningkatkan edukasi produk pembiayaan porsi haji di Provinsi Jambi bahkan badan usaha ini menjangkau masyarakat lebih luas lagi hingga ke pelosok.

Dikatakan oleh Vice President Pegadaian Kantor Area Jambi, Al Manfaluthy usai pembukaan Talkshow jalan emas menuju Baitullah yang digelar Pegadaian Area Jambi, Sabtu di Jambi bahwa literasi produk Arrum Haji terus digencarkan oleh Pegadaian Area Jambi.

"Produk ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan porsi haji,kami optimis produk ini dilirik masyarakat Jambi, " katanya.

Melalui Arrum Haji, disebutkannya nasabah cukup membawa 3,5 gram emas batangan sebagai jaminan dan membayar biaya administrasi Rp1 jutaan. Cicilan per bulan yang ditawarkan juga ringan hanya Rp 600 ribuan per bulan selama lima tahun.

"Nanti langsung kami urus pembayaran ke bank syariah yang bekerja sama dan langsung urus ke Kemenag. Nanti setelah cicilan lunas jaminan yang dititipkan akan kami berikan kembali, " terangnya.

Untuk saat ini, PT Pegadaian Area Jambi sedang memberikan program khusus bagi masyarakat yang ingin mendapatkan porsi haji dengan pembiayaan dari Pegadaian yakni promo free biaya admin sebesar 270 ribu. Promo ini berlaku hingga Rabu 21 April 2021.
"Biasanya kan kita kalau  naik haji persiapkan uang 25 juta rupiah. Inikan uangnya lumayan agak besar, dengan produk Arrum Haji cukup membawa 3,5 gram emas dan uang 1 juta rupiah langsung kita daftarkan haji ke Kemenag," ujarnya.

Literasi produk Arrum Haji ini akan terus dilakukan Pegadaian, target selanjutnya akan dilakukan di Bengkulu dan Muaro Bungo. Sebelumnya , Pegadaian juga sudah melakukan
edukasi Ke Muaro Sabak juga sosialisasi ke wilayah yang belum terjangkau perbankan.

Animo masyarakat pada program Arrum Haji dikatakannya terus terlihat. Dari data, dari tahun 2020 jumlah nasabah  yang melakukan pembiayaan porsi haji lebih dari 500 peserta. Tahun ini pihaknya optimis mampu menggaet masyarakat untuk menikmati fasilitas pembiayaan porsi haji ini.

 Arrum Haji  memiliki keunggulan sebagai pembiayaan porsi Haji yakni nasabah mendapatkan kepastian nomor porsi, emas dan dokumen haji aman tersimpan di Pegadaian. Biaya pemeliharaan barang, dijamin terjangkau.

"Jaminan emas dapat digunakan untuk pelunasan biaya haji pada saat lunas, " sebutnya.

Talkshow jalan emas menuju Baitullah ini diikuti oleh nasabah Pegadaian hingga komunitas keagamaan. Talkshow ini dihadiri oleh Ketua MUI Provinsi Jambi bidang dakwah dan pemberdayaan masyarakat masyarakat
Hermanto Harun, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Provinsi Jambi Muhammad Sayuti serta Kepala Departemen Gadai PT Pegadaian Area Jambi, Yan Irawan.

Al Manfaluthy menjamin produk Arrum Haji Pegadaian ini halal karena telah sesuai dengan fatwa MUI nomor 92 tahun 2014.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021