Kapolres Muarojambi yang baru, AKBP Yuyan Priatmaja usai melakukan serah terima (sertijab) dengan pejabat lama, AKBP Ardiyanto di Mapolda Jambi, Senin, mengatakan dirinya akan menerapkan progam Kapolri dan Kapolda Jambi dalam menjalankan tugasnya diantaranya yang jadi prioritas adalah penanganan Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan COVID-19 di wilayah hukumnya.

"Saya akan tetap melakukan program Kapolri dan Kapolda Jambi untuk program Kapolri tidak lepas dari program Presisi Kapolri dan program Kapolda antara lain penanganan COVID-19, ilegal mining, ilegal Logging, dan Ilegal fishing, kemudian pemberantasan premanisme," kata AKBP Yuyan Priatmaja.

Program itu, mungkin yang kita prioritaskan penanganannya agar hasilnya bisa maksimal, diketahui setiap musim kemarau, Kabupaten Muarojambi rawan akan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), dimana Kabupaten Muarojambi terdapat lahan gambut yang cukup luas.

"Untuk Karhutla saat ini sesuai dengan arahan Bapak Kapolda, kita sudah mengupayakan untuk upaya pencegahan Karhutla melalui revitalisasi sekat kanal, namun, untuk sekat kanal masih banyak kendala yang terjadi, seperti sarana dan prasarana serta anggaran. Namun dirinya tetap akan memaksimalkan menjaga permukaan air di sekat kanal tetap stabil," kata Yuyan.

Untuk sekat kanal memang masih banyak kendala kemarin saya cek ke lokasi bersama bapak Kapolres yang lama. Kendalanya seperti anggaran, kebutuhan sarana dan prasarana, tetapi kita akan maksimalkan terus menjaga sekat kanal itu dan menjaga tinggi muka air.

Sehari sebelumnya AKBP Yuyan Priatmaja dan AKBP Ardianto melakukan patroli udara menggunakan helikopter milik Polairud, pihak Polres Muarojambi juga sekaligus melakukan patroli udara agar dapat mengetahui sejak dini bila adanya titik api atau hotspot dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan gambut Kumpeh, Muarojambi. Kegiatan ini juga sekaligus melakukan peninjauan terhadap revitalisasi sekat kanal untuk mempertahankan tinggi muka air tanah yang berada di lahan gambut.
 
Kegiatan patroli udara dan darat pengecekan sekat kanal itu berjalan lancar, setelah diukur dari darat atau dipinggir kanal, untuk muka air tanah di lahan gambut tetap stabil dan normal pada ketinggian 3 meter diatas permukaan tanah. Untuk saat ini air di kanal masih bisa membasahi disekitaran lahan gambut di kawasan hutan produksi terbatas tepatnya di konsesi PT Pesona dan PT PDIW.

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo telah menjadi inisiasi program sekat kanal di atas lahan gambut khususnya yang ada di kawasan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi. Revitalisasi sekat kanal adalah upaya perbaikan sekat kanal agar dapat bekerja secara optimal dalam membasahi dan menjaga ekosistem gambut sesuai dengan fungsinya.

Revitalisasi sekat kanal akan dilakukan di lokasi rawan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi. Untuk saat ini memang sekat kanal masih terfokus di lokasi PT Pesona Belantara Persada (PT PBP) di Wilayah Kumpeh Kabupaten Muarojambi.

Tujuan dari revitalisasi sekat kanal adalah menjaga Tinggi Muka Air (TMA) pada sekat kanal dan area gambut maksimal harus 40 cm dari permukaan tanah. Dengan dapat dipertahankannya tinggi muka air, maka lahan gambut akan tetap basah dan tidak menjadi sumber kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, kanal akan mampu menampung air yang dapat digunakan dalam proses pemadaman api besar menggunakan helikopter water bombing. Kegiatan revitalisasi tersebut dimulai sejak tanggal 3 Maret 2021 di lokasi sekat kanal KM 1 dan akan berlanjut hingga KM 25 pada kanal PT Pesona Belantara Persada (PT. PBP).

Dampak dari revitalisasi telah terlihat dengan peningkatan TMA pada kanal dan banjirnya daerah yang rawan kebakaran di area PT PBP terutama pada musim kemarau atau selama beberapa minggu terakhir ini Jambi tidak pernah turun hujan.

Dalam pelaksanaanya di lapangan, program ini dikomandoi oieh Kapolres Muarojambi dan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi. Sementara pelaksanaan di lokasi didukung oleh pihak perusahaan, anggota TNI dan Polri, BPBD, Manggala Agni, Kepala Desa Betung dan Masyarakat sekitar lokasi.







 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021