Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jambi melakukan penebaran kembali atau restockingjenis benih ikan nilem sebanyak 20.000 ekor di Danau Teluk Kenali, Kota Jambi, dalam rangka bulan mutu karantina ikan serta peduli lingkungan.

Humas BKIPM Jambi Sukarni melalui keterangan tertulisnya, Selasa, mengatakan kegiatan penebaran benih ikan tersebut dilaksanakan dalam rangka bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan 2021 dan memilih lokasi di Danau Teluk Kenali untuk melepaskan ikan nilem.

BKIPM Jambi melakukan kegiatan restocking benih ikan nilem (leptobarbus hoevenii) di Danau Teluk Kenali yang merupakan hasil kerja sama BKIPM Jambi dengan BPBAT Sungai Gelam Jambi, Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jambi, Dinas Peternakan Ketahanan Pangan Kota Jambi, BPSPL Padang, serta Pokwasmas Cinta Lingkungan Kota Jambi dan masyarakat di sekitar Danau Teluk Kenali Kota Jambi.

Benih Ikan Nilem yang di restocking merupakan hasil pengembangbiakan oleh Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam yang disumbangkan untuk masyarakat Jambi, khususnya sekitar Danau Teluk Kenali.

"Selain untuk pelestarian ikan juga sekaligus turut membantu para warga atau nelayan setempat untuk mendapatkan ikan nilem yang bisa berkembang biak di danau sebagai habitatnya, sehingga bisa tetap lestari di danau tersebut," kata Sukarni.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021