Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi bersama Bupati Muarojambi dan Kapolres meninjau fungsi empat lokasi sekat kanal Desa Seponjen yang merupakan Taman Hutan Raya (Tahura) Rang Kayo Hitam yang berada di Kabupaten Muarojambi.

"Hasil pantauan kita bersama di Desa Sponjen kawasan Tahura keempat sekat kanal yang kita siapkan semua berfungsi dengan baik," kata Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Rabu.

Kegiatan peninjauan sekat kanal di kawasan Tahura dilalukan Kapolda usai memimpin apel Siaga Karhutla di Desa Betung, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi, yang dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, Bupati Muarojambi Masnah Busro, Dandim 0415 Jambi Kolonel J Hadiyanto dan Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja.

Perjalanan meninjau sekat kanal itu dengan menyeberangi sungai menggunakan kapal pompong guna mengecek langsung ketersediaan air di sekat kanal guna memastikan apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, ketersediaan air cukup untuk mengantisipasi karhutla.

Didampingi Karo Ops Kombes Pol Feri, Dansat Brimob Kombes Pol Nadi Chaidir, Dir Pol Airud Kombes Pol Pahorian Lumban Gaol, Kapolda berjalan kaki menuju sekat kanal.

Sekat kanal Desa Seponjen cukup berfungsi dengan bail dimana airnya mengalir dan tidak kering semoga bisa mengatasi apabila ada karhutla dan tim juga meninjau posko pengendalian Karhutla di dalam kawasan Tahura Orang Kayo Hitam.

"Saya bersama tim sekaligus mengecek CCTV Asap Digital dari Comand Centre Polda, dan saya minta fotokan dari Polda bahwa saya berada di Posko Karhutla Desa Seponjen," kata Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah terjadinya Karhutla khususnya di Kabupaten Muarojambi, bersama TNI dan pemerintah masyarakat, Polri khususnya Polda Jambi terus berupaya agar tidak ada karhutla di tahun ini dan selanjutnya.

"Dalam pencegahan Karhutla, Polda Jambi telah memasang CCTV kemudian membuat sekat kanal, hingga menyiagakan personil di daerah rawan Karhutla," kata Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Sementara itu, Bupati Muarojambi Masnah Busro menyebutkan bahwa kami Pemerintah Kabupaten Muarojambi juga terus bersinergi bersama TNI-POLRI untuk mencegah terjadinya Karhutla.

"Seperti yang disampaikan Pak Kapolda tadi, mudah-mudahan di Kabupaten Muaro Jambi tahun ini tidak ada api," katanya.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021