Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat mengikuti webiner sosialisasi penilaian indeks daerah dan pemberian penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2021 secara virtual di Kantor Bupati.

"Pemerintah akan menyurati setiap OPD agar segera menyampaikan inovasi-inovasi yang telah dijalankan di tahun 2021," kata Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat di Kuala Tungkal, Rabu. 

Sosialisasi tersebut dilaksanakan guna memberikan persepsi yang sama mengenai Indeks Inovasi Daerah dan mendorong daerah agar segera melaporkan inovasinya kepada Menteri Dalam Negeri. Selain itu, gelaran ini juga bertujuan untuk memperkenalkan pembaruan dalam sistem Indeks Inovasi Daerah.

Pada tahun 2020 yang lalu, Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah menyampaikan enam inovasi daerah dan termasuk ke dalam kategori daerah inovatif serta peringkat 5 se-Provinsi Jambi.

"Kami berharap melalui sosialisasi ini tingkat partisipasi Pemda dalam melaporkan inovasinya melalui sistem Indeks Inovasi Daerah dapat meningkat signifikan," kata Kepala Badan Litbang Kemendagri, Agus Fatoni yang menjadi pembicara kunci dalam acara tersebut.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan setiap tahun sesuai amanah Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pasal 388 ayat (7) yang berbunyi 'Kepala daerah melaporkan inovasi daerah yang akan dilaksanakan kepada Menteri Dalam Negeri'.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021