SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. memberikan bingkisan "paket sehat" bagi warga yang menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Simpang Pandang Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi, Rabu (18/8).

Kegiatan yang merupakan sinergitas SKK Migas PetroChina, Dinkes Tanjabtim, Puskesmas Simpang Pandang serta TNI/Polri tersebut digelar di gerai vaksinasi di Puskesmas Simpang Pandang.

"Kehadiran SKK Migas-PetroChina Jabung dalam kegiatan ini untuk mendukung vaksinasi, kami ikut mendorong animo masyarakat untuk divaksin meningkat dan kesadaran untuk divaksin lebih tinggi lagi dari masyarakat," kata perwakilan dari Comdev PetroChina International Jabung Ltd. Marhadi di Puskesmas Simpang Pandang Geragai Kabupaten Tanjabtim.

Antusiasme warga di sekitar lokasi Geragai Camp untuk vaksinasi cukup tinggi. Sejak pukul 08.00 WIB warga mendatangi bangunan puskesmas yang berlokasi di bantaran sungai kecil itu, mendaftar dan menunggu antrean untuk vaksinasi yang dibuka mulai pukul 09.00 WIB.

Setiap warga menjalani proses pendaftaran, wawancara sebelum divaksinasi. Bedanya pada vaksinasi kali ini, warga Simpang Pandang mendapat bingkisan "paket sehat" dari SKK Migas PetroChina berupa snack, vitamin C dan handuk kecil.

"Paket sehat yang diberikan juga bagian dari kampanye untuk menjaga imun tubuh dengan mengkonsumsi vitamin C dan membiasakan hidup sehat. Kita ajak juga masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan baik di luar maupun di dalam rumah masing-masing," kata Marhadi.

Tak hanya bagi warga, petugas kesehatan juga mendapat bingkisan "paket sehat" yang berisikan susu, amonizer dan makan siang. Pada kesempatan itu, tim juga melakukan sosialisasi kepada warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan data vaksinasi sinergitas SKK Migas-PetroChina di puskesmas itu berhasil memvaksin sebanyak 165 orang yang terdiri dari 44 orang vaksin tahap pertama dan 121 vaksin tahap kedua.

Rencananya program sinergitas vaksinasi ini akan digelar di 10 desa dan kelurahan di Tanjung Jabung Timur. Sementara vaksinasi Kamis (19/8) akan digelar di Desa Pandan Makmur Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjabtim.

"Kesadaran masyarakat untuk divaksin harus terus digugah dan diajak, agar tingkat vaksinasi di daerah ini tinggi dan terbentuk herdimmunity di masyarakat. Kami akan hadir di 10 desa dan satu kelurahan," katanya.

Sebelumnya SKK Migas-PetroChina telah memfasilitasi vaksinasi COVID-19 bagi internal perusahaan dan pekerja migas di Jambi. Pelaksanaannya digelar di Kota Jambi, Kabupaten Tanjabtim dan Tanjabbar.

Kegiatan itu sebagai bentuk peran serta dan tanggung jawab perusahaan untuk turut serta mensukseskan vaksinasi COVID-19 baik di lingkungan kerja, keluarga pekerja maupun masyarakat di daerah operasi perusahaan migas.
Seorang vaksinator sedang menyuntikan vaksin COVID-19 kepada seorang warga di Puskesmas Simpang Pandang Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjabtim, Rabu. (ANTARA/Syarif Abdullah)


Sementara itu Arman, salah seorang warga yang menjalani vaksinasi menyambut baik vaksinasi itu. Mereka juga antusias dan senang mendapat paket sehat usai divaksin.

"Saya menjalani vaksinasi kedua, sudah lengkap. Kali ini saya dapat bingkisan pula handuk dan vitamin C, ada snack lagi. Terima kasih," kata Arman.

Hal senada juga dengan Ny Erni warga Geragai yang mengaku baru menjalani vaksinasi pertama. Ia mengaku tidak ragu untuk divaksin demi menjaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat di sekitarnya.

"Saya menunggu waktu untuk dapat divaksin, dan hari ini baru bisa menjalani yang pertama. Saya tidak ragu dan ini untuk menjaga kesehatan saya pribadi, keluarga dan orang di sekitar kita," kata  ibu rumah tangga itu.

Sementara itu petugas Puskesmas Simpang Pandan menyebutkan, dukungan berbagai pihak untuk meningkatkan kesadaran vaksinasi dari warga sanga positif, dan buktinya ada penambahan warga yang menjalani vaksinasi tahap pertama.

"Banyak yang datang untuk vasin tahap pertama. Mereka hampir semuanya bisa menjalani vaksinasi, meski ada beberapa yang harus diundur karena ada masalah kesehatannya seperti hipertensi," kata petugas kesehatan itu.
Seorang peserta vaksinasi didampingi perwakilan CommDev PetroChina International Jabung Ltd. Marhadi memperlihatkan surat keterangan vaksin tahap pertama di Puskesmas Simpang Pandang Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjabtim, Rabu. (ANTARA/Syarif Abdullah)








 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021