Di dunia internet perlu memahami cara menghindari spamming dan hacking di dunia internet untuk menghemat waktu dan menjaga keamanan data pengguna akun di dunia internet, Minggu. 

Dosen di Universitas Ichsan Gorontalo Sudirman Melangi pada program literasi digital Kementerian Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Muaro Jambi secara virtual menjelaskan spam adalah aktivitas mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik secara terus-menerus dan dengan jumlah yang masif tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Pada umumnya pesan yang dikirim oleh spammer berisi iklan atau informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh si penerima. 

Namun, pengirim spam tetap melakukannya karena memiliki tujuan tertentu yang ingin didapatkan dari si penerima spam. Dampak buruk spam, meliputi menghabiskan waktu untuk menghapus dan membersihkan spam dari perangkat elektronik. Menghabiskan sumber daya perangkat elektronik sehingga tidak dapat digunakan dengan baik, serta menghabiskan bandwidth karena penggunaan internet untuk menghapus spam menjadi lebih banyak.

Tujuan spam, meliputi promosi, penipuan, dan sekedar iseng. Jenis spam yang sering terjadi, antara lain spam email, spam SMS, spam komentar di blog, dan spam mesin pencarian. Cara mengatasi spam, antara lain hati-hati saat mempublikasikan email, tidak membuka spam email, serta gunakan email hosting dengan fitur anti spam andalan.

"Hacker adalah orang dengan skill pemrogramannya mampu menerobos sistem keamanan komputer atau jaringan komputer untuk tujuan tertentu," kata Sudirman Melangi.

Tindakan hacker yang merugikan pihak tertentu merupakan tindakan kriminal. Misalnya, mencuri data pribadi pada website toko online untuk diperjual-belikan. Lebih ekstremnya lagi, hacker dapat mengancam dan meminta tebusan untuk mengembalikan website seperti semula. 

Sementara itu, ada pula hacker yang dimanfaatkan untuk tindakan legal. Misalnya seperti menguji sistem keamanan data perusahaan tertentu. Langkah mudah untuk melindungi website dari serangan hacker, dengan cara install security plugin, gunakan HTTPS, buat password yang kuat, perlindungan saat menerima file unggahan di website, gunakan parameter query, serta atur file permission dan kunci di direktori cPanel.

Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng-edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital. Lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 kota dan kabupaten di area Sumatera II.

Mulai dari Provinsi Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI-Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

ada empat kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam tema. Dengan pesatnya kemajuan teknologi dan adanya pandemi merubah segala aktifitas masyarakat, dan untuk menghadapinya harus mempercepat agenda literasi digital.

Salah satunya adalah menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital memegang peranan penting di dalamnya. Literasi digital adalah kunci bagi masyarakat pada saat ini.

Selanjutnya pada sesi budaya digital dijelaskan bagaimana mengenal lebih jauh cara menyuarakan pendapat di dunia digital oleh Wakil Rektor II UIN STS Jambi As'ad Isma. Kemudian pada sesi kecakapan digital di bahas tentang jenis-jenis mesin pencarian dan tips memilih informasi dan mesin pencarian oleh Dosen Universitas Padjajaran Nuning Kurniasih. 

Pada sesi etika digital di bahas tentang bebas namun terbatas dalam berekspresi di media sosial oleh Dosen Akademisi UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi Dion Efrizum Ginanto. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021