Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi berhasil melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 tingkat provinsi tahun 2021 dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 secara ketat.

"Kita berikan apresiasi kepada panitia penyelenggara MTQ ke-50 yang berhasil melaksanakan MTQ dengan prokes yang ketat," kata Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani saat menutup pelaksanaan MTQ ke-50 di Kabupaten Tanjab Barat, Jumat.

Pelaksanaan MTQ dilaksanakan dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat, mulai dari kedatangan kafilah dari sebelas kabupaten dan kota hingga pemulangan kafilah ke daerah masing-masing.

Seluruh kafilah dan pendamping yang terlibat dalam pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Jambi tersebut wajib melampirkan hasil tes swab PCR atau rapid tes antigen dengan hasil negatif.

Kemudian saat memasuki wilayah Kota Kuala Tungkal kafilah dari kabupaten dan kota turut dilakukan rapid tes antigen. Selama pelaksanaan MTQ tersebut tidak terdapat kafilah atau masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Selain itu sejumlah rangkaian kegiatan MTQ yang dapat menimbulkan kerumunan di tiadakan, seperti pawai taaruf, bazar dan pameran. Serta seluruh rangkaian perlombaan dilaksanakan pada siang hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat selaku tuan rumah MTQ ke-50 Provinsi Jambi mengatakan tahapan kegiatan MTQ di Tanjab Barat dilaksanakan dari tanggal 30 September 2021 hingga 8 Oktober 2021 dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

"MTQ ke-50 tingkat Provinsi Jambi pada tahun ini merupakan penyelenggaraan kegiatan yang tidaklah mudah, bahkan penuh dengan tantangan karena dilaksanakan dalam suasana pandemi COVID-19," kata Anwar Sadat.

Anwar Sadat menambahkan, meski dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, atas jalinan sinergi dan kerjasama dari semua pihak upaya penerapan protokol kesehatan yang menjadi prioritas utama dapat dilaksanakan dengan baik.

Serta keyakinan dalam membumikan Al-Qur'an dan menegakkam syiar Islam, MTQ dapat dilaksanakan dengan baik dengan tidak mengurangi kekhidmatan dan semarak dalam penyelenggaraannya.

Pada MTQ ke-50 Provinsi jambi tersebut, Kabupaten Tanjung Jabung Barat keluar sebagai juara umum. Kemudian di peringkat kedua diraih Kota Jambi, peringkat ketiga Kabupaten Tanjab Timur, peringkat keempat Kabupaten Batanghari dan peringkat kelima Kabupaten Muaro Jambi.

Selanjutnya pelaksanaan MTQ ke-51 tahun 2022 tingkat Provinsi Jambi yang akan datang dilaksanakan di Kota Sungai Penuh.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021