Perahu ukuran kecil yang biasa dibuat para perajin perahu di Kota Jambi Seberang tepatnya di Kecamatan Olak Kemang Kota Jambi bisa dimiliki oleh  masyarakat dengan membeli seharga sekitar Rp1 jutaan.

Sejumlah pembuat perahu di kawasan tersebut tak diragukan lagi dengan pembuatan perahu untuk memasok warga setempat, khususnya untuk keperluan pada musim banjir luapan Sungai Batanghari.

Harga perahu kecil untuk muatan satu hingga dua orang harganya tidak lebih dari Rp1 juta.  Perahu tersebut selain untuk keperluan warga sehari-hari, juga bisa dikembangkan menjadi untuk pajangan di rumah.

"Biasanya pesanan perahu meningkat saat musim penghujan, musim banjir. Kalo kemarau ada penurunan pembeli. Termasuk saat pandemi COVID-19 ini juga berpengaruh, banyak yang menunda pembelian perahu," kata Suhai, salah seorang pembuat perahu di Kota Jambi Seberang.

Pendapatan akibatnya pendapatan mereka jadi tidak menentu. Suhai membuat perahu dan perahu ketek kalau ada yang pesan, harga perahu biasa dijual Rp1 juta dan harga perahu ketek Rp7 juta sampai Rp10 juta.

Saat ini belum ada pembuatan perahu, karena pesanan di saat musim kering tentu tak sebanyak seperti musim banjir.

 Waktu pembuatan perahu bisa dikerjakan 2 hingga 3 hari sudah selesai, sedangkan perahu ketek bisa 10 hari.

Selain membuat perahu, Suhai  juga memperbaiki perahu yang bocor, mengganti kayu yang lapuk. Bila tak mengerjakan perahu ia juga ojek perahu ketek untuk orang yang mau nyeberang di Sungai Batanghari.

Berbeda saat musim banjir, banyak warga yang pesan minta dibuatkan perahu. Bahkan hingga 10 perahu yang terjual dalam waktu 1 bulan.



 

Pewarta: Sibhatullah Hisa Huji

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021