Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi mengajak masyarakat di daerah itu mencintai produk-produk lokal untuk menjadikan kerajinan daerah memiliki nilai jual yang tinggi di kancah nasional hingga internasional.

"Mari kita cintai produk-produk lokal, kita cintai produk dalam negeri, begitulah cara kita bersama-sama untuk mempromosikan produk-produk yang ada di Provinsi Jambi," kata Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hesti Haris di Jambi, Rabu.

Hesti Haris meminta mencintai produk-produk dalam negeri di awali oleh seluruh pengurus Dekranasda agar dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk mencintai produk-produk dalam negeri.


Tidak hanya kepada pengurus Dekranasda, namun kepada seluruh perajin dan desainer yang ada di Jambi untuk dapat mencintai dan melestarikan produk-produk dalam negeri, khususnya produk-produk Provinsi Jambi.

Imbauan tersebut disampaikan Hesti haris saat bersilaturahmi dengan perajin dan desainer batik di Balai Kerajinan Rakyat Selaras Pinang Masak. Dalam kesempatan itu Hesti Haris turut memberikan dukungan kepada desainer kain jerumat yang di undang ke Negara Amerika untuk mengikuti fashion show yang kegiatannya di subsidi oleh Kedutaan Amerika Serikat.


Hesti Haris menjelaskan Kain Jerumat merupakan jenis kain yang sama dengan yang terdapat di daerah lain. Namun keindahan dan kualitas dari kain jerumat tersebut tergantung dengan ketekunan dan ketelitian perajin dalam menghasilkan produk tersebut. Sehingga hasilnya akan berbeda dengan kain yang ada di daerah lain.

"Di Palembang di sebut dengan Kain Jumputan, di Kalimantan namanya Takirana, sedangkan di Jambi dinamakan Jerumat," kata Hesti Haris.

Selain itu Hesti Haris mengajak perajin dan desainer kain khas Jambi untuk bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jambi dalam mengembangkan produk-produk kerajinan di Jambi. Dengan harapan dapat bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021