Pemerintah Provinsi Jambi mendorong Kota Sungai Penuh untuk meningkatkan layanan dan fasilitas pendukung wisatawan yang berwisata di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

“Sungai Penuh ini fokus menjadi daerah jasa, pelayanan dan perdagangan dengan modal SDM dan pariwisata, boleh semua orang berwisata ke Kabupaten Kerinci tapi layanannya milik Sungai Penuh,” kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Senin.

Gubernur menyarankan agar Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh secara bersamaan saling menyatu mengelola pariwisata di daerah itu. Dengan harapan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai penuh menjadi destinasi wisata unggulan di wilayah barat Jambi.

Dimana Kabupaten Kerinci memiliki destinasi wisata unggulan seperti Danau Kerinci, Gunung Kerinci, perkebunan teh, bukit khayangan hingga air terjun ada di Kabupaten Kerinci.

Pembenahan yang dilakukan tersebut meliputi hotel, rumah makan serta budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat.

“Masih banyak yang harus kita benahi, mulai dari hotel-hotel nya agar layak dikunjungi wisatawan dari luar. Kita ingin ke depan berkomitmen agar Kerinci-Sungai Penuh ini Branding Wisata di wilayah barat,” kata Al Haris.

Selain itu edukasi dan pelatihan terhadap anak-anak muda perlu dilakukan agar mereka dapat mempromosikan destinasi wisata di daerah itu. Serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah itu dengan cara memberikan beasiswa kepada anak-anak yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Jambi turut fokus melakukan pembenahan infrastruktur jalan untuk memperbaiki akses wisatawan ke daerah itu. Serta meningkatkan kapasitas air bersih, sungai dan TPS regional. Infrastruktur dasar tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan layanan kepada wisatawan.

 

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021