Seorang lanjut usia, Ny Saijem (81), warga  Desa Kasang Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu  Kabupaten Muarojambi  antusias mengikuti vaksinasi dosis keduanya yang digelar Polres Muarojambi, Rabu.

Kapolres Muarojambi AKBP Yuyan Priatmaja yang memimpin kegiatan vaksinasi di Desa Kasang Pudak itu langsung menghampiri nenek yang disiplin menggunakan masker itu.

Keduanya terlibat percakapan dan sangat akrab seperti anak dengan ibu.  Percakapannya menggunakan bahasa Jawa, yang bisa dimengerti oleh nenek Saijem .

Kapolres memuji  semangat nenek Saijem untuk mengikuti vaksinasi yang perlu dicontoh meski di usia yang sudah lanjut, sebab vaksinasi untuk membentuk herd immunity.

"Hal-hal seperti itu yang perlu dicontoh dari nenek berusia 81 tahun masih semangat ikut vaksin, bagi masyarakat yang belum divaksin untuk segera mendatangi gerai vaksin maupun fasilitas pelayanan kesehatan yang telah disiapkan, " kata AKBP Yuyan Priatmaja.

Dengan dituntun menantunya Purwanti, nenek Saijem begitu semangat menghampiri tenaga kesehatan untuk menjalani pengecekan kesehatan sebelum di vaksin oleh vaksinator.

Petugas menanyakan langsung kepada menantunya untuk mengetahui kondisi kesehatan nenek Saijem sebelum diberikan penyuntikan  vaksin dosis keduanya.

"Untuk disuntik vaksin, kondisi nenek harus sehat dari penyakit penyerta, baru nenek bisa disuntikkan," kata petugas skrining pada vaksinasi masal yang digelar di Desa Kasang Pudak itu.

Petugas pun berusaha berkomunikasi dengan nenek Saijem menanyakan langsung kesehatannya.

Dengan logat khas bahasa Jawa-nya, nenek Saijem mengaku tidak ada keluhan,  kondisi kesehatannya baik-baik saja.

Menurut Purwanti, bahwa ibu mertuanya mengikuti vaksinasi atas kemauan sendiri. 

"Karena nenek ingin sehat, apalagi vaksin dosis pertama yang telah dijalani sebulan lalu, ibu  tidak merasakan gejala apa pun," kata Purwanti.

Ia hanya mengaku hanya sakit pada tangan bekas suntikan saja, namun tidak sampai menghalangi aktivitasnya untuk berkebun.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021