Gubernur Jambi Al Haris menerima penghargaan Paramakarya Tahun 2021 dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia di Jakarta pada Kamis.

Menurut siaran pers pemerintah provinsi yang diterima di Jambi pada Kamis, Gubernur Jambi menerima penghargaan itu karena dinilai berperan aktif dalam upaya pembinaan dan supervisi untuk meningkatkan produktivitas kerja perusahaan.

Pada tahun 2021 ada dua perusahaan di Provinsi Jambi yang memperoleh penghargaan peningkatan produktivitas, yakni Rempeyek Ilham untuk kategori perusahaan kecil dan Cik Mia Songket untuk kategori perusahaan menengah.

"Harapannya agar semua perusahaan dan instansi bisa meningkatkan produktivitas kerja, karena peningkatan produktivitas kerja perusahaan-perusahaan dan semua instansi tentu akan berdampak pada peningkatan kinerja pembangunan Provinsi Jambi, artinya turut meningkatkan kemajuan dan daya saing daerah," kata Al Haris.

Dia berharap penghargaan dari pemerintah bisa memotivasi perusahaan di wilayahnya untuk terus berusaha meningkatkan produktivitas dan mengembangkan usaha.

Gubernur mengatakan, pemerintah provinsi juga akan meningkatkan pembinaan terhadap para pelaku usaha.

Pemerintah Provinsi Jambi, ia mengatakan, sudah menjalankan program-program bantuan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Sasaran program itu juga mencakup para ibu dan mahasiswa yang menjalankan usaha.

Gubernur mengatakan bahwa selanjutnya pemerintah provinsi akan menjalankan program pelatihan kerja dan usaha bagi para santri.

"Sehingga setelah tamat mondok sudah bisa bekerja. Intinya, kita sejalan semua, jangan sampai nanti tamat sekolah, masih mikir ke mana. Makanya kita bekali dan didik mereka untuk memiliki keterampilan," kata Al Haris.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan, Paramakarya merupakan penghargaan untuk karya unggul dan peningkatan produktivitas yang berdampak pada peningkatan derajat kesejahteraan tenaga kerja.

"Anugerah Paramakarya diberikan sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam memotivasi dunia usaha agar terus berupaya menerapkan prinsip-prinsip efektivitas, efisiensi, kualitas, dan ramah lingkungan dalam melakukan usaha," katanya.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021