Anggota Direktorat lalulintas (Ditlantas) Polda Jambi bergerak cepat turun ke lokasi untuk menangani dan mengurai kemacetan lalulintas akibat jalan rusak di Muara Sabak, Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi, Rabu.

Setelah mendapatkan informasi kemacetan arus lalu lintas yang di sebabkan kondisi jalan rusak di Parit 4, Desa Siau Dalam dan Parit Ibas, Kelurahan Muara Sabak Ulu, Kecamatan Muara Sabak Timur, Kabupaten Tanjabtim, personil Ditlantas diturunkan ke lokasi untuk membantu mengurai kemacetan disana, kata Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Jambi, Kombes Pol Dhafi, dalam keterangan resminya.

Dia menyebutkan untuk kondisi jalan yang mengalami kerusakan cukup parah terdapat di tiga titik lokasi diantaranya di RT 21, RT 22 Desa Siau Dalam dan RT 6 Parit Cino, Kelurahan Muara Sabak Ulu, yang mana kondisi jalan rusak tersebut mengakibatkan beberapa kendaraan yang melintas terpuruk dilokasi dan menutup ruas jalan sehingga menimbulkan kemacetan yang panjang.

Selain kondisi cuaca musim penghujan dan tekstur tanah gambut yang menjadi faktor penyebab kerusakan jalan, banyaknya kendaraan bermuatan berat yang melintas menambah kondisi kerusakan jalan menjadi semakin parah.
 Kondisi jalan rusak tersebut memutus akses dari Kecamatan Muara Sabak Timur menuju Rantau Rasau.

Saat ini anggota dari Ditlantas bersama Satlantas Polres Tanjab Timur telah melakukan berbagai upaya yaitu berkoordinasi dengan Pemkab Tanjab Timur dan Dinas PUPR Provinsi Jambi untuk segera melakukan perbaikan jalan dengan menghadirkan alat berat dan material ke beberapa titik lokasi yang rusak tersebut.

Di rencanakan hari ini sesuai dengan hasil koordinasi dengan pihak PUPR Provinsi jambi material untuk penambalan jalan akan di datangkan dan Sat Lantas Tanjab Timur akan melaksanakan pengawalan sampai ke titik-titik lokasi jalan rusak, namun sampai saat ini kendaraan dan material belum ada.

"Kita telah menginstruksikan kepada Kasat Lantas Tanjabtim, AKP Rio untuk segera koordinasi dengan PUPR TK1 Provinsi Jambi guna menyiapkan alat berat di lokasi tersebut," kata Dhafi.

Selanjutnya mendesak pemerintah kabupaten untuk membantu upaya menyiapkan alat berat walaupun kewenangan Dinas PUPR Provinsi Jambi, karena berdampak juga kepada masyarakat kecamatan kabupaten setempat.

"Besok saya akan langsung mendatangi Dinas PUPR  Jambi untuk segera membantu penanganan kerusakan jalan berdampak kemacetan dan stagnasi kendaraan angkutan barang dan buah sawit pada lokasi tersebut," kata Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol Dhafi.








 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022