Relokasi para pedagang makanan di kawasan Percandian Muara Jambi membuat kompleks wisata situs prasejarah tersebut itu lebih asri, tertata dan keren.

Para pedagang yang sebelumnya berjualan di bagian tengah kawasan kompleks  percandian terbesar di Asia Tenggara itu, kini telah dipindahkan ke lokasi khusus kawasan buat pedagang.

Mereka  mendapatkan gerai-gerai untuk berjualan makanan, meskipun jumlahnya belum sebanding dengan kebutuhan dan jumlah pedagang yang ada.

Namun setidaknya penataan yang telah dilakukan membuat kawasan percandian itu lebih baik dan bersih serta terbebas dari bangunan-bangunan liar untuk berjualan.

Namun demikian lokasi persewaan sepeda masih ada di bagian tengah kompleks  percandian itu dan membutuhkan penataan kembali.

Pajangan hampir seribuan sepeda kayuh untuk pada wisatawan tersebut, mengurangi estetika kawasan percandian itu sehingga perlu ada penataan ulang.

"Ya sekarang Percandian Muara Jambi lebih bersih dan tertata. Mungkin bisa lebih baik bila sepeda sewa itu ditempatkan di sisi lain, sehingga dari sisi estetika kawasan percandian ini lebih bagus lagi," kata Ridwan, salah seorang pengunjung kompleks percandian Muara Jambi Kota Jambi.

Ia memuji pembenahan kawasan pecandian itu dalam setahun terakhir. Bahkan ia mengaku terpesona dengan hasil eskavasi candi di kawasan itu yang  membuat kawasan utama percandian itu lebih indah.

"Banyak perubahannya, semoga terus dibenahi dan candi lainnya dieskavasi," kata pria yang juga seorang pengajar itu.

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022