Warga Kota Jambi, Provinsi Jambi yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada hari Selasa ini bertambah 13 orang, dengan demikian total pasien COVID-19 yang menjalani proses perawatan di Kota ini berjumlah 43 orang.

"Pada hari ini terdapat 13 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi Abu Bakar di Jambi, Selasa.

Dari 43 orang pasien COVID-19 di Kota Jambi, 28 orang melaksanakan isolasi secara mandiri. Kemudian 15 orang menjalani proses perawatan di rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Provinsi Jambi.

Di antaranya delapan orang di Rumah Sakit Bhayangkara, satu orang di Rumah Sakit Royal Prima dan masing-masing dua orang di Rumah Sakit Raden Mattaher, Siloam dan Rumah Sakit Bratanata.

Pemerintah Kota Jambi menghimbau agar masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Dengan menerapkan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Kedisiplinan dan kepedulian adalah kunci utama dalam memutus mata rantai penularan wabah COVID-19," kata Abu Bakar.

Kasus penularan COVID-19 terhadap warga Kota Jambi tersebut berasal dari kontak erat yang melakukan perjalan ke luar daerah. Maka dari itu masyarakat di minta untuk tidak melaksanakan perjalanan ke luar daerah jika tidak terlalu mendesak.

Saat ini Pemkot Jambi sedang melakukan upaya penelusuran kasus aktif terhadap seluruh kontak erat. Beberapa sampel juga telah dikirim ke Puslitbangkes Kemenkes RI untuk melihat genom virus dan jenis variannya.

"Kami terus mengimbau masyarakat agar senantiasa waspada dan berhati-hati jika beraktivitas di luar ruang, sembari memperkuat upaya proteksi diri, keluarga dan lingkungan sekitar dengan selalu taat dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," kata Abu Bakar.

Masyarakat juga diimbau segera melakukan vaksinasi lengkap dosis pertama dan ke dua, serta vaksinasi penguat atau booster. Masyarakat di minta untuk memeriksa tiket vaksinasi booster melalui aplikasi peduli lindungi. Dimana vaksinasi dapat dilaksanakan di seluruh rumah sakit dan puskesmas terdekat dalam wilayah Kota Jambi.

Hingga saat ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Jambi berjumlah 9.867 orang. Kemudian 9.484 orang dinyatakan sembuh 340 orang pasien meninggal dunia dan 43 orang masih menjalani proses penyembuhan.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022