Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika pada Selasa (15/3) malam menyampaikan hasil pemantauan siklon tropis Billy yang diperkirakan akan menjauhi wilayah Indonesia dalam 24 jam ke depan.

Menurut hasil pemantauan yang disajikan dalam infografis sederhana di akun Twitter resmi BMKG, @infoBMKG, siklon tropis Billy pada Selasa (15/3), pukul 19.00 WIB berada di Samudra Hindia selatan barat daya Banten dengan titik sekira 17,1 lintang selatan (LS) dan 96,3 bujur timur (BT).

Siklon tropis dengan kecepatan angin maksimum 45 knot (sekira 85 km/jam) dan tekanan udara minum 991 hPa itu sudah bergerak dari lokasi pantauan sebelumnya 16,6 LS dan 98,3 BT pada Selasa (15/3), pukul 07.00 WIB.

"Diperkirakan dalam 24 jam ke depan, intensitas siklon tropis Billy akan melemah dan pergerakannya ke arah barat-barat daya menjauhi wilayah Indonesia," demikian keterangan BMKG dalam infografis tersebut.

Siklon tropis Billy memiliki dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia berupa gelombang laut tinggi 1,25-2,5 meter di beberapa area yakni perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa, dan Samudra Hindia barat Lampung hingga selatan Jawa.

Baca juga: BMKG: Bibit siklon tropis sebabkan hujan lebat di sejumlah daerah
Baca juga: Bibit Siklon Tropis 95S tumbuh, pengaruhi hujan lebat di Banten-Jateng
Baca juga: Eks Siklon Tropis Anika pengaruhi hujan lebat di Jawa Timur-NTT

Pewarta: Gilang Galiartha

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022