Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi mengoptimalkan peran Kader Keamanan Pangan Desa untuk memastikan keamanan pangan bagi warga di kota itu.

"Melalui Kader Keamanan Pangan Desa ini, untuk menjaga kualitas dan keamanan pangan di pasaran bagi kesehatan masyarakat," kata Wakil Wali Kota Sungai Penuh Alvia Santoni di Kota Sungai Penuh, Kamis.

Alvia menyebutkan, berbagai produk pangan, baik pangan segar maupun pangan olahan dengan mudah dijumpai di tengah masyarakat.

Namun kurangnya pengendalian dan pengawasan yang dilakukan dapat menyebabkan pangan yang mengandung bahan berbahaya, tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan.

"Kader Keamanan Pangan ini tugasnya mendeteksi dan memeriksa pangan dengan standard yang ada, untuk memastikan pangan yang dikonsumsi warga tidak berbahaya bagi kesehatan," katanya.

Para kader keamanan pangan itu selain melakukan pengawasan, juga menjadi motor dan ujung tombak sosialisasi pangan aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Untuk meningkatkan pengetahuan para kader pangan itu, Kota Sungai Penuh bekerja sama dengan Balai POM Provinsi Jambi menggelar bimbingan teknik Kader Keamanan Pangan Desa yang berlangsung 16-17 Maret.

Selain mengumpulkan para kader keamanan pangan desa, juga para camat dan kepala desa di daerah itu guna memaksimalkan koordinasi mereka di lapangan.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022