Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batanghari melalui Bidang perdagangan terus gencar melakukan pemantauan stok dan harga  sembako yang ada di pasar Kramat Tinggi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari.

Menjelang Bulan Suci Ramadhan yang diperkirakan akan dimulai pada awal April 2022 mendatang, harga sembako di pasar masih relatif stabil. Meskipun terdapat kenaikan, tetapi masih dalam batas wajar. Senin (21/03).

"Potensi kenaikan harga sembako bisa saja terjadi saat mendekati bulan suci Ramadhan, untuk memastikan harga sembako di kabupaten Batanghari ini tetap stabil kita akan terus lakukan pemantauan di pasar-pasar yang ada," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batanghari, Edi Sabara.

Sementara itu, dari hasil lapangan salah satu pedagang Salimah (41) mengatakan harga bahan sembako untuk jumlah kebutuhan bahan pangan yang diperoleh masih cukup stabil. Diantaranya harga telur 43 ribu cabai 55 perkilogram dan daging ayam serta daging sapi masih tergolong normal", kata Salimah.

Lanjut Kepala Bidang perdagangan, agar tidak terjadi kelangkaan bahan pokok menjelang bulan suci Ramadhan, dirinya juga menghimbau kepada seluruh pedagang untuk mulai memesan cadangan pasokan sembako.

Tak hanya itu, Edi juga meminta kepada seluruh pedagang agar dapat menyetarakan harga eceran sembako agar tetap stabil. 

" Untuk menjaga kestabilan harga, Saya menghimbau kepada seluruh pedagang agar dapat menentukan dan menyetarakan harga sembako dengan toko lain," pungkasnya.

Edi juga menambahkan, dirinya berharap bahwa stok dan harga kebutuhan bahan pangan masyarakat di pasar tradisional di Kabupaten Batanghari hingga memasuki bulan suci Ramadhan nanti aman dan harganya stabil. Meski, nantinya akan ada kenaikan pada beberapa harga bahan kebutuhan pangan diharapkan tidak signifikan. 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022