Warga Parit Culum 1 Kecamatan Muarasabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menggelar pawai obor untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah.

Kegiatan rutin warga di sana itu digelar pada Kamis (31/3) mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Pawai obor dimulai Desa Datok Jebat Parit Culum 1, kemudian menuju kawasan perkampungan warga  di Desa Tulang Gading Kelurahan Parit Culum 1. Iring-iringan yang diikuti anak-anak, remaja dan orang tua itu berakhir di Masjid Al-Hikmah.

Bagian depan rangkaian pawai diawali dengan obor berukuran besar dengan bertuliskan kertas "Selamat Datang Bulan Ramadhan".

Mereka melakukan pawai obor dengan suka cita dan penuh keceriaan. Mereka membawa makanan dari rumah masing, kemudian diakhiri dengan makan bersama di lokasi terakhir pawai obor itu.

"Kami semua bahagia menyambut Ramadhan tahun ini, bahagia kami semuanya dapat melakukan kegiatan ini," kata Popi salah seorang warga Desa Datok Debat.

Tradisi pawai obor warga Parit Culum 1 itu merupakan bentuk seruan untuk menghubungkan kembali budi pekerti yang sudah lama terjaga dalam kepercayaan mereka serta mengingatkan kembali pentingnya kehidupan yang didasari atas rasa kasih sayang dan kepentingan bersama.

Pewarta: Sandri

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022