Sebanyak 36 tim  ikut ambil bagian pada Kejuaraan Provinsi  E-sport Piala Gubernur Jambi 2022 di Jambi, 12-14 Agustus 2022.

Gubernur Jambi, Al Haris di Jambi, Jumat (12/8) mengatakan, kehadiran esport menjadi transformasi bagi anak muda  untuk menjadikan sebuah permainan atau "game" menjadi olahraga yang menyehatkan, terukur, teratur dan memiliki target.

"Saya melihat e-sport ini ada sisi positifnya, anak-anak main game jadi lebih terukur karena ada target yang ingin dicapai," kata Gubernur Jambi saat membuka kejuaraan itu.

Gubernur menerangkan dengan adanya  kejuaraan e-sport nantinya generasi muda di Jambi dapat memanfaatkan waktu  untuk kegiatan positif.

"Main game tidak seenaknya lagi, sekarang sudah ada kejuaraan ya jadi lebih terstruktur manfaatkan ini karena kita hadir di tengah kondisi 'smart city' dan harus menguasai teknologi," terangnya saat pembukaan Kejuaraan Provinsi e-sport Jambi Piala Gubernur 2022.

Ketua  Umum E-sport Indonesia (ESI) Jambi,Brigjen Pol. Irawan David Syah di Jambi, mengatakan,  kejuaraan e-sport  tingkat provinsi merupakan rangkaian kejuaraan e-sport tingkat kabupaten/kota beberapa waktu lalu. 

"Kami berharap dari kejuaraan ini  mampu menjaring atlet-atlet potensial dari Jambi untuk menjadi atlet nasional bahkan internasional," katanya.

ESI Jambi  mempertandingkan tiga game yakni Free Fire, Mobile Legend dan PUBG Mobile dengan total hadiah Rp50 juta. Kejuaraan  Provinsi E-sport  Jambi dilaksanakan mulai 12 Agustus sampai 14 Agustus 2022.

Dia menerangkan, e-sport bukan sekedar permainan namun menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan bahkan nantinya sampai ke tingkat olimpiade. 

"Sehingga ke depan cara pandang masyarakat tentang e-sport  akan semakin baik," ujarnya.

Dia juga berpesan kepada seluruh atlet agar menjunjung tinggi sportifitas dalam pertandingan. 


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022