Rusia merupakan negara terluas di dunia yang membentang dari timur Eropa dan utara Asia. Tempat wisata yang terkenal dan terbaik di Rusia menjadi daya tarik tersendiri bagi turis yang ingin menikmati liburan.

Negara ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata bersejarah, maupun wisata religi.Berikut adalah lima bangunan tempat wisata terkenal dan favorit yang ada di Rusia.

Untuk posisi pertama terdapat Red Square yang merupakan lapangan merah yang berada tepat di sebelah timur Kremlin, benteng bersejarah Moskow dan pusat pemerintahan Rusia.

Red Square adalah rumah bagi beberapa landmark paling khas dan penting di Rusia, seperti sebuah pasar yang sangat penting selama berabad-abad, terdapat pula St. Basil’s Cathedral abad ke-16, the State Historical Museum dan sebuah pusat perbelanjaan mewah bernama GUM Department Store, serta makam pemimpin Uni Soviet yang pertama, Vladimir Lenin.

Selanjutnya pada posisi kedua ada State Hermitage Museum yang terdiri dari lima bangunan yang terhubung di sepanjang tepi sungai Dvortsovaya nab.

Jika dilihat dari barat ke timur State Hermitage Museum terdiri dari Istana Musim Dingin, Small Hermitage, Great (Old) Hermitage, New Hermitage dan sebuah teater. Sedangkan di kantor kunjungan Hermitage wisatawan dapat menghubungi petugas untuk menyewa berpemandu perjalanan.

Kemudian terdapat Peterhof yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang berada di St Petersburg terutama bagi turis yang ingin menikmati keindahan istana dan taman-taman.

Awalnya kompleks istana ini dibangun pada masa pemerintahan Peter the Great.

Istana Peterhof ini juga dikenal dengan istana musim panas dan posisi istana ini menghadap langsung ke Laut Baltik.

Keunikan dari Istana Peterhof ini yakni mempunyai taman air mancur yang sangat luar biasa, namun hanya dioperasikan ketika musim panas saja.

Selain itu, di kompleks istana ini terdapat museum yang wajib untuk wisatawan kunjungi serta taman yang sangat luas dan indah.

Lalu di deretan keempat terdapat St. Basil’s Cathedral yang merupakan bangunan Rusia yang paling dikenal. Katedral ini bagi orang Rusia sama dengan Menara Eiffel bagi orang Prancis yang mana menjadi simbol terhormat dari masa lalu, masa kini, dan masa depan mereka.

St. Basil’s Cathedral merupakan gereja yang mempunyai banyak kubah unik dan berada di kawasan Red Square.

Tinggi dari katedral ini mencapai 65 meter dan telah dibangun sejak tahun 1555-1561.

Selain itu, arsitektur dari objek wisata ini sangat mengagumkan karena dibuat oleh arsitektur artistik paling terkenal di Moskow.

Pada deretan yang terakhir adalah Winter Palace of Imperial Russia yang terdiri dari 1500 kamar, 117 tangga, 1.945 jendela dan 1.786 pintu.

Winter Palace atau Istana Musim Dingin merupakan kediaman dari keluarga penguasa Soviet selama 150 tahun lamanya.

Setelah itu, hingga pada November 1917, istana ini digunakan sebagai museum yang megah.

Winter Palace memegang peranan yang sangat penting sebagai pusat politik dan budaya.

Para pengunjung bisa menikmati berbagai macam koleksi barang-barang antik, kamar-kamar dekoratif, karya seni lukisan serta patung-patung yang sangat luar biasa. (dari berbagai sumber)

Pewarta: Nazela Azzahra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022