Gubernur Jambi Al Haris mengatakan provinsinya mendapatkan bantuan pembangunan jembatan Sungai Rambut yang akan dibangun oleh pemerintah pusat pada 2023 dan diharapkan selesai 2024.

"Jembatan ini menjadi harapan untuk keberlanjutan penuntasan proyek pembangunan di Pelabuhan Ujung Jabung serta untuk membuka ketertinggalan di daerah Sadu dan Berbak di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi dan Allamdulillah jembatan ini dibangun pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR," kata Al Haris, di Jambi Jumat.

Akses ini merupakan jembatan yang langsung menghubungkan ke Pelabuhan Ujung Jabung dan artinya harapan orang Jambi kembali hidup untuk memiliki pelabuhan Ujung Jabung yang proyek nya sempat terhenti pembangunannya dan pembangunan jembatan ini adalah tindak lanjut kunjungan presiden dan ini yang menjadi harapan semua pihak.

Sementara itu anggota DPR RI daerah pemilihan Provinsi Jambi H Bakri juga mengatakan kepastian pembangunan jembatan Sungai Rambut setelah dilakukan rapat kerja Komisi V dengan Menteri PUPR dan Dirjen Bina Marga dan dari hasil rapat kerja itu diputuskan oleh pemerintah melalui Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga tahun 2023 jembatan Sungai Rambut segera dibangun.

Bakri juga menyebut dengan adanya jembatan ini akan terasa manfaatnya bagi masyarakat Kabupaten Tanjungjabung Timur yang termasuk daerah tertinggal terutama di Kecamatan Sadu dan Berbak. Jembatan itu sebagai akses pelabuhan ujung jabung dan juga untuk membuka keterisoliran.

Sementara itu Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Bosar H Pasaribu mengakui jembatan Sungai Rambut kini masuk desain dan persiapan tender pekerjaan pada tahun ini dan mudah-mudahan bisa dimulai dan harus selesai 2024.

Ia menjelaskan, untuk total panjang pada desain terakhir sepanjang 1,2 kilometer melewati dua sungai. Jembatan utama sepanjang 480 meter lalu ada jembatan yang melintasi sungai lainnya sepanjang 30 meter.

Rencana antarjembatan nanti akan menggunakan tiang pancang dan bagian atasnya dicor dan adapun untuk perhitungan kasar akan menghabiskan biaya Rp300 miliar.




 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jambi dapat bantuan pembangunan jembatan Sungai Rambut

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022