Pemerintah Kota Jambi menyalurkan bantuan berupa kebutuhan pangan dan sandang untuk meringankan korban kebakaran di Kelurahan Buluran Kenali Kota Jambi.

"Kita berikan bantuan tanggap darurat pangan, beras dan pakaian. Kita berharap musibah kebakaran tidak mengalami peningkatan dan harus bisa menekan kejadian ini dengan cara mitigasi dan pencegahan," kata Wakil Walikota Jambi Maulana di Jambi, Rabu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi Feriadi menjelaskan kronologi kebakaran yang terjadi pada Rabu dini hari.

"Sekitar pukul 01.14 WIB, tim Damkar mendapatkan telepon bahwa terjadi kebakaran di Rukun Tetangga (RT) enam, Kelurahan Buluran Kenali dan dalam waktu delapan menit anggota sudah bisa melakukan pemadaman namun memang  saat informasi diterima kondisi api sudah memenuhi seluruh ruangan, sudah di atas 80 persen kondisi terbakar," terangnya.

Sebanyak 20 anggota yang melakukan pemadaman dengan empat armada yang dikerahkan. Tiga armada berkapasitas 3.000 liter air dan 4.000 liter, serta satu armada dengan kapasitas 10.000 liter.

Kebakaran itu menghanguskan dua rumah bedeng dan satu sepeda motor. Dugaan sementara yaitu usia bangunan dan usia listrik sudah 40 tahun dan kita lihat jaringan kabelnya memang masih kabel kecil, ini sangat memungkinkan terjadi arus pendek," kata Feriadi.

Berdasarkan jumlah total kebakaran di Kota Jambi dari Januari hingga Oktober 2022 ada 59 kejadian kebakaran. Data tersebut mengalami peningkatan dibandingkan periode sama dalam dua tahun terakhir di masa Pandemi COVID-19.

 

Pewarta: Melly Andani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022