Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Batanghari pihkanya siap menyalurkan 15 ribu unit bantuan "set top box" bagi masyarakat kurang mampu.

"Kami di Batanghari mendapat alokasi sebanyak 15 ribu unit bantuan set top box dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu, sehingga mereka bisa menikmati siaran TV digital," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Batanghari, Amir Hamzah di Muara Bulian, Jumat.

Set top box merupakan perangkat tambahan untuk mendukung program peralihan dari TV analog Switch Off (ASO) ke TV digital, yang telah digulirkan sejak 2 November 2022 secara bertahap.

Untuk saat ini saluran antena biasa telah dialihkan menjadi tv digital, dan juga pemerintah pusat telah mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan set top box tersebut.

Amir juga menjelaskan, sebelumnya sejak Agustus lalu, Kementerian Kominfo juga telah mulai menyebarkan bantuan sebanyak 9.311 lewat pihak penanggung jawab yang telah ditunjuk oleh Kementerian dan ribuan ini telah disebarkan  warha di semua kecamatan yang ada.

Sementara itu, data yang diterima kominfo atas penyaluran bantuan tersebut, pihaknya hanya menerima data dan kelanjutannya tidak ada lagi di koordinasi hasil tindak lanjutnya atau belum ada satupun surat bahwa mereka telah menyalurkan.

Dengan melihat kondisi ini, kedepannya pihak Kominfo akan berkoordinasi lagi ke Kementerian Kominfo untuk sejauh mana bantuan ini akan bergulir karena hal ini sangat membantu sekali bagi masyarakat yang ada di  daerah itu.
 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022