Sebanyak 930 orang pelamar Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tenaga guru di Pemerintah Kabupaten Batanghari dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan berhak lolos ke tahapan seleksi berikutnya..

"Ada 950 formasi yang disediakan, hingga penutupan 951 orang yang mendaftar, dan sebanyak 930 dinyatakan memenuhi syarat," kata Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian, BKPSDMD Kabupaten Batanghari, Lina Dinanti di Muara Bulian, Senin.

Pendaftaran PPPK ini melalui website resmi dari BKN, Saat ini sama seperti perekrutan sebelumnya persistem dan langsung diupload oleh peserta. Dan untuk pendaftaran itu telah berakhir pada 13 November 2022 lalu.

Dari hasil pendaftaran tersebut, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD)  setempat telah mendata sebanyak 21 berkas guru honorer dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Bagi pendaftar yang termasuk kategori TMS tersebut dikarenakan latar pendidikannya tidak sesuai, dan ada juga yang melakukan menscan data yang di uploadnya tidak menggunakan ijazah asli atau menggunakan ijazah fotocopy," katanya

Akan tetapi, pihaknya juga memberikan kesempatan kepada para pendaftar untuk mengikuti masa sanggah yang telah dibuka pada 18 sampai dengan 21 November ini.

Sementara itu, selama proses pendaftaran itu terdapat kendala yang dihadapi peserta. Pertama sinyal, pengetahuan terhadap teknologi, dan juga ada selisih antara Dapodik dengan kuota yang dibuka ini. Dengan demikian para peserta merasa kesulitan dalam menghadapi masalah itu.

"Untuk kendala yang paling utama dihadapi para peserta adalah soal sinyal dan pakai sistem e-materai," ujar Lina.

Selain itu, ia juga merincikan dari 951 orang pendaftar itu terdiri dari Prioritas 2 (P2) berjumlah 40 pelamar, P3 berjumlah 671 pelamar dan P4 sebanyak 240 pelamar.

“Pelamar dengan status P2 dan P3 akan melakukan seleksi dengan metode observasi dan untuk P4 menggunakan sistem CAT,” katanya

Observasi yang dimaksud antara lain ada Tim Penilai dari pengawas, kepala sekolah, guru senior, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan dan kepala BKPSDMD, yang sudah punya akun untuk penilaian.

“Penilaian observasi segera akan dilaksanakan dalam bulan ini, khusus guru. Setelah penutupan ini kita melaksanakan verifikasi bahan, supervisi, rekapitulasi dan segera akan diumumkan,” tutupnya
 

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022