Sarasehan Istri Wali Kota se-Indonesia yang digelar di Kota Jambi memperkuat peran para istri dalam pembangunan ketahanan keluarga, kata Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya di Jambi, Kamis .

" Istri wali kota ini bukan saja menjadi pendamping suami sebagai wali kota namun ini lebih kepada melakukan akselerasi perubahan dan pergerakan di kota utamanya adalah pembangunan ketahanan keluarga," kata Bima.
 
Dia menegaskan istri wali kota memegang peranan yang penting dalam pembangunan kota karena memegang jabatan-jabatan sebagai TP PKK, ketua Dekranasda, Bunda PAUD dan banyak jabatan lain yang bersinggungan langsung dengan peranan perempuan dan masyarakat.
 
" Mereka juga sebagai motor pembangunan, pertemuan ini kita agendakan ke depannya menjadi pertemuan rutin," katanya.
 
Sementara itu, Irjen Kemendagri Tomsi Tohir mengatakan Kemendagri memberikan apresiasi Sarasehan Istri wali kota ini. 
 
"  Karena kita sadari keberadaan istri wali kota ini sangat turut membantu pelaksanaan tugas wali kota berperan dalam membina masyarakat," katanya.
 
Sarasehan ini, kata dia bukan hanya membangun silaturahmi namun untuk bertukar informasi, program dan saling memperkuat kegiatan di masing-masing kota.
 
" Agar  programnya semakin terarah, sehingga dari tahun ke tahun akan menghasilkan kegiatan konkrit di daerah masing-masing," katanya.
 
Dia menerangkan istri Wali Kota berperan dalam menjaga ketahanan keluarga begitu juga membangkitkan peran serta masyarakat baik terhadap masalah keluarga, ekonomi, kesehatan, stunting, COVID-19. 
 
" Berkaitan dengan mendukung program pemerintah lainnya seperti UMKM membelanjakan produk dalam negeri. Peran istri Wali Kota luar biasa, dan dinantikan masyarakat," katanya menerangkan .
 
Ketua TP PKK Kota Jambi sekaligus istri Wali Kota Jambi Yuliana Fasha mengatakan sarasehan ini menjadi momen bagi istri wali kota untuk meningkatkan perannya  sesuai dengan tema kegiatan 'dari perempuan untuk perempuan'.
 
" Sekaligus memberikan motivasi dan mengarahkan bagaimana peran perempuan setelah pandemi," katanya. 
 
Dia menjelaskan dengan sarasehan ini semakin menambah pengetahuan perempuan bagaimana sebagai perempuan  berperan meningkatkan pendapatan keluarga, memperbaiki taraf hidup keluarga. Kreatifitas di rumah, terutama untuk ekonomi. 
 
Sarasehan ini diisi dengan kegiatan talkshow, pameran UMKM . Dalam kesempatan ini Wali Kota Jambi Syarif Fasha juga memperkenalkan wisata Jambi yakni Danau Sipin dan Candi Muarojambi.
 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022