Wali Kota Jambi mendapatkan Anugerah Revolusi Mental 2022 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI.

" Tiga nilai utama yang dikembangkan sebagai pengungkit revolusi mental adalah integritas, etos kerja, dan gotong royong. Dengan berpegang pada ketiga nilai tersebut, bangsa kita berhasil melalui aneka rintangan, seperti saat menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19,” ungkap Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin di Jakarta, Rabu (21/12).

Nilai-nilai integritas dan kejujuran, menurut Wapres, akan mendorong gerakan antikorupsi dan semangat memberikan pelayanan publik terbaik, sedangkan kepercayaan diri dan kemandirian anak bangsa akan menyalakan semangat dan kebanggaan menggunakan produk dalam negeri dan menguatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Jiwa yang disemai dengan nilai-nilai Pancasila, moderasi, dan toleransi, akan menghasilkan perilaku yang menolak radikalisme dan ekstremisme,”katanya.

Oleh karena itu, Wapres mengajak semua pihak untuk terus membumikan secara inovatif Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), yang telah digalakkan pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), dalam berbagai kegiatan yang menjangkau generasi muda.

“Jangan lupa terus manfaatkan media sosial dan kanal-kanal digital lainnya agar upaya ini semakin efektif,” pinta Wapres.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang PMK, Muhadjir Effendy menjelaskan revolusi mental sebagai gerakan seluruh unsur masyarakat dengan mengangkat kembali nilai-nilai strategis yang diperlukan oleh bangsa dan negara Indonesia mulai dari integritas, etos kerja, hingga gotong royong agar mampu menciptakan ketertiban dan kesejahteraan rakyat dalam upaya memenangkan persaingan pada era global di tengah-tengah pergaulan dunia.

 Muhadjir melanjutkan, GNRM mendorong internalisasi nilai-nilai strategis tersebut pada individu, keluarga, institusi sosial, masyarakat, hingga lembaga-lembaga negara agar terjadi perubahan secara masif dan berkelanjutan.

“Hal ini diharapkan akan dapat mendorong perubahan secara masif, secara simultan, baik mencakup cara berpikir, cara bersikap, maupun cara berperilaku, yang kemudian menjadi karakter yang mengakar pada kemajuan bangsa dan negara,” katanya.

Komitmen dan keseriusan Pemkot Jambi dalam aktualisasi aksi nyata pengarusutamaan Revolusi Mental diwujudkan melalui program-program inovasi unggulan daerah berbasis gerakan aksi perubahan bersama/kolaboratif melibatkan lintas pemangku kepentingan, seperti Kampung Bantar (Bersih, Aman dan Pintar) dan Bangkit Berdaya (Bangun Kelurahan secara Intensif Berasaskan Swadaya). 

Adapun program inisiatif Bangkit Berdaya telah masuk jajaran 30 besar inovasi dunia dalam IOPD Recognition Awards di Montreal Kanada pada 2017 lalu, di mana berfokus pada penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kualitas maupun kuantitas utilitas perkotaan.



 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2022