Wali Kota Jambi mengingatkan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di daerah itu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu mendatang.

 "PPS dorong partisipasi pemilih, jika partisipasi pemilih meningkat misal masyarakat yang datang ke TPS mencapai 100 persen itu bentuk kesuksesan PPS," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Senin.
 
Dia mengingatkan meski pemilu berjalan lancar, aman dan kondusif namun partisipasi pemilih sedikit. Itu menunjukkan anggota PPS tidak menjalankan tugas dengan maksimal
 
"Kalau sampai 50 persen saja yang datang ke TPS itu berarti sosialisasi tidak maksimal," ujarnya.
 
Fasha mengingatkan kepada PPS untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing dan merenungkan fakta integritas yang telah dibacakan serta ditandatangani.
 
Lebih lanjut dia menyampaikan kepada 204 anggota PPS Kota Jambi yang baru dilantik agar menyampaikan pesan moral tersebut di wilayah kerja masing-masing.
 
"Mengingatkan warga yang memiliki hak pilih untuk melaksanakan kewajiban sebab memilih itu adalah kewajiban bukan sukarela," jelasnya.
 
Dia juga berharap agar PPS dapat mengecek kembali pemilih pemula di daerah masing-masing.
 
Pemilih pemula bukan saja remaja yang menginjak usia 17 tahun atau yang baru memiliki KTP, namun pemilih pemula juga termasuk anggota TNI dan Polri yang sudah pensiun.
 
"Kalau masih ada yang tidak terdaftar berarti tidak maksimal kegiatan sosialisasinya," katanya.
 
Ketua KPU Kota Jambi Yatno mengatakan pihaknya merancang kegiatan-kegiatan sosialisasi yang selanjutnya bisa dilakukan oleh PPS di Kelurahan.
 
"Habis orientasi ini kami susun rencana ke depan, termasuk sosialisasi, bisa saja mereka mengisi sosialisasi di pengajian, kegiatan RT wacana kami ini untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih," katanya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023