Universitas Jambi (Unja) sebagai kampus yang mendukung secara penuh kreativitas, minat, dan aktivitas positif mahasiswa kini memiliki 26 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari berbagai bidang.

UKM merupakan lembaga kemahasiswaan tempat berhimpunnya para mahasiswa yang memiliki kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, keagamaan, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus. 

Seluruh UKM yang ada di Unja berada di bawah naungan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa dan Alumni (WR III). Selain itu, seluruh UKM memiliki dosen pembina yang bertugas untuk mengawasi, melatih, membimbing, dan membina.

Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Madya BAK Unja  Adrianti, Kamis, mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh UKM-UKM berupa pelatihan, workshop, seminar, perlombaan, bakti sosial, ekspedisi alam, studi banding, kuliah umum, malam keakraban, konser, pertunjukan seni, penelitian dan hal-hal lainnya.

"Kegiatan-kegiatan tersebut juga bukan hanya terbatas pada skala lingkungan kampus saja, tapi diadakan dalam skala regional, nasional, bahkan sampai internasional," katanya.

Adapun UKM tersebut yaitu UKM Pramuka, UKM KSR Palang Merah Indonesia (PMI) UPT, UKM Rohis Ar-Rahman, UKM Paduan Suara Mahasiswa, UKM Musik, UKM Relawan Penanggulangan Bencana, UKM  Cinema, UKM Pengembangan Tilawatil Qur’an Ar-Rayhaan, UKM Riset Dan Penalaran EXIST (Excellent Intelectual And Smart Student).

UKM Pencak Silat,UKM Entrepreneur Mahasiswa,UKM Training Motivation Centre,UKM Siginjai,UKM Robotika dan otomasi,UKM Pengawal Ideologi Bangsa (PIB),UKM Kerohanian Kristen, UKM Protokoler,UKM Jurnalistik,U Go Green,UKM Kimia Terapan.

Selanjutnya ada UKM Seni Budaya Melayu Aljami’ah, UKM Teknologi Informasi (TI), UKM Anggar dan UKM Tari.

Ia mengatakan, mahasiswa baru yang berkeinginan mengimbangi kegiatan akademik dengan kegiatan ekstrakulikuler di kampus, sangat disarankan untuk mengikuti dan bergabung dengan berbagai UKM yang ada. 

Pendaftaran anggota baru UKM bisa dilakukan kapan saja, namun biasanya pada hari terakhir kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK).

Semua UKM akan membuka gerai pendaftaran di sekitar Balairung Pinang Masak Unja dan mengenalkan UKM di hadapan seluruh mahasiswa baru.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023