Dolar AS menguat terhadap sejumlah mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), karena investor semakin khawatir tentang laporan inflasi AS minggu depan yang dapat menunjukkan angka lebih tinggi dari perkiraan pasar di tengah data yang menunjukkan ekspektasi kenaikan harga yang berkelanjutan tahun depan.

Yen juga naik secara keseluruhan setelah Kazuo Ueda dilaporkan akan menjadi gubernur bank sentral Jepang (BoJ) berikutnya, tetapi memangkas kenaikan setelah dia mengatakan kebijakan moneter bank sentral sudah tepat. Yen berada di jalur untuk kenaikan mingguan pertamanya versus dolar setelah mencatat kerugian tiga minggu beruntun.

Karena data terus menunjukkan momentum positif AS, dolar berada pada kecepatan untuk kenaikan mingguan kedua terhadap enam mata uang utama lainnya, kenaikan yang belum pernah terlihat sejak Oktober.

Survei Universitas Michigan pada Jumat (10/2/2023) menunjukkan prospek inflasi satu tahun sebesar 4,2 persen, lebih tinggi dari angka akhir pada Januari. Keseluruhan indeks sentimen konsumen berada di 66,4, naik dari 64,9 bulan sebelumnya.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengutip prospek inflasi survei Michigan sebagai salah satu indikator yang dilacak bank sentral AS.

Selain data Michigan, revisi menunjukkan bahwa harga konsumen bulanan AS naik pada Desember bukannya turun seperti yang diperkirakan sebelumnya, sementara data untuk dua bulan sebelumnya juga direvisi lebih tinggi, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja.

Mazen Issa, ahli strategi valas senior di TD Securities mengatakan laporan IHK minggu depan telah "dibidik karena pagi ini kami memiliki indikasi bahwa... inflasi berada pada pijakan yang lebih kuat dari perkiraan awal tahun lalu."

"Ini benar-benar menantang gagasan bahwa Fed dapat memangkas suku bunga dan data yang lebih kuat seperti payrolls, ISM (Institute for Supply Management) dan berlanjutnya pengetatan di pasar tenaga kerja mendorong...sikap kebijakan yang lebih tinggi untuk jangka waktu lebih lama oleh Fed.. .dan itu mungkin yang akhirnya terjadi. Hal itu membuat dolar kembali unggul."

Data Selasa depan (14/2/2023) kemungkinan akan menunjukkan bahwa indeks harga konsumen (IHK) AS naik 0,4 persen bulan ke bulan pada Januari dan IHK inti naik 0,4 persen juga, menurut jajak pendapat Reuters.

Dalam perdagangan sore, indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang lainnya, naik 0,4 persen pada 103,55.

Dolar tenggelam serendah 129,8 yen, palung satu minggu, dan terakhir sedikit turun di 131,435 yen. Euro dan sterling turun lebih dari 1,0 persen terhadap mata uang Jepang dan terakhir masing-masing turun sekitar 0,7 persen pada 140,34 yen dan turun 0,5 persen pada 158,60 yen.

Pound turun 0,5 persen pada 1,2056 dolar. Di awal sesi, Inggris berhasil menghindari resesi teknis, dengan ekonomi menunjukkan pertumbuhan nol dalam tiga bulan terakhir tahun 2022.

Euro melemah 0,6 persen menjadi 1,0679 dolar dan ditetapkan untuk kerugian minggu kedua berturut-turut.
 

Pewarta: Apep Suhendar

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023