Seluruh korban helikopter jatuh di Bukit Tamiai, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi pada Minggu (19/2), berjumlah delapan orang termasuk Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono berhasil dievakuasi, Selasa sore.

Setelah dilakukan evakuasi secara bertahap, tim SAR awalnya berhasil mengevakuasi empat orang pada pukul 14.30 WIB.

Keempatnya, co-Pilot yakni Amos Fredily, ajudan Kapolda Jambi yakni Briptu Aditya, Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol Michael Mumbunan," kata dia.

Kemudian Pilot AKP Ali Nurdin pada pukul 16.30 WIB, lalu Kapolda Jambi pada pukul 16.38 WIB menggunakan helikopter TNI AU, dan disusul sisanya dua orang yakni Koorspripim Kompol Ayani dan Mekanik AIPDA Susilo yang berhasil dievakuasi menggunakan Helikopter  Bell 189 Baharkam Polri.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto mengatakan dua korban terakhir dievakuasi pada pukul 17.23 WIB. 

"Saat ini rombongan Kapolda Jambi dan seluruhnya sudah berhasil dievakusi, total ada delapan orang," kata dia.

Untuk dua korban terakhir yang dievakuasi itu langsung dibawa ke Posko Penyelamatan di Kabupaten Merangin untuk mendapatkan pertolongan medis. 

Sedangkan Kapolda Jambi langsung dibawa menggunakan helikopter Super Puma ke Kota Jambi untuk selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara Jambi.

"Kapolda Jambi langsung ke Jambi," katanya.

Baca juga: Update Hari Ke-3 Evakuasi Kapolda Jambi: Enam helikopter dikerahkan evakuasi pagi ini

Sebelumnya helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono bersama tujuh orang lainnya terjatuh di Desa Tamiai, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/2), sekitar pukul 11.00 WIB, setelah mendarat darurat di lokasi tersebut.

Kronologis 

Sejak pukul 07.00 WIB, Selasa, tim evakuasi menggunakan helikopter berupaya mengangkut korban. Namun tim terpaksa kembali lagi ke Posko di lapangan Stadion Merangin Kabupaten Merangin karena kondisi cuaca yang berkabut.

Kemudian, pada pukul 09.00 WIB tim kembali bergerak ke lokasi tetapi kembali tak berhasil, bahkan tak mampu mencapai titik lokasi karena jarak pandang yang pendek.

Lalu upaya ketiga dilakukan pada pukul 10.00 WIB, namun tim mengalami kejadian yang sama sehingga terpaksa kembali ke posko.

Selanjutnya, pada pukul 10.15 WIB helikopter kembali lagi menuju ke lokasi, namun tetap belum membuahkan hasil.

Terakhir pada pukul 12.10 WIB, helikopter kembali lagi ke lokasi namun juga belum berhasil karena jarak pandang yang tidak memungkinkan, kabut tebal dan gerimis sekitar lokasi perbukitan Kerinci.

Helikopter yang dikerahkan total sudah lima kali berulang menuju lokasi dengan membawa logistik berupa makanan dan obat-obatan namun juga tidak bisa diturunkan.

Upaya pun mulai berhasil sekitar pukul 14.30 WIB dengan mengevakuasi empat orang dari total delapan korban. Lalu dilakukan evakuasi secara bertahap kepada empat korban lainnya hingga pukul 17.23 WIB.

Baca juga: Update Hari Ke-3 Evakuasi Kapolda Jambi: Akhirnya, Kapolda Jambi berhasil dievakuasi

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023