Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) Robby Nahliyansyah menerima penghargaan Bebas Frambusia untuk daerahnya dari Kementerian Kesehatan Jakarta.

Wabup Tanjabtim, Kamis, mengatakan kabupatennya menjadi salah satu dari 103 kabupaten/kota di Indonesia yang dinyatakan bebas penyakit Frambusia (infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum pertenue).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa daerah penerima sertifikat bebas Frambusia merupakan daerah yang sudah melewati beberapa tahapan.

“Yang pertama kabupaten dan kota telah membuktikan bahwa tidak ditemukan kasus frambusia baru berdasarkan surveilans, berkinerja baik, yang kedua rekomendasi provinsi setelah melakukan sertifikasi Frambusia, yang ketiga asesmen tim sertifikasi pusat sehingga menghasilkan pertimbangan kabupaten dan kota bebas frambusia,” katanya.

Pemerintah Daerah selalu berkomitmen agar di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung bebas dari penyakit Frambusia.

“Ini semua berkat kerjasama Pemerintah dan pemangku kepentingan yang ada serta masyarakat Kabupaten Tanjab Timur," kata Robby.

Dia bersyukur di bidang kesehatan telah bergerak di dalam jalur yang baik meski dengan segala keterbatasan, namun atas dukungan semua pihak, banyak keberhasilan yang kita raih”

Wabup berharap ke depan Tanjabtim bisa mempertahankan status bebas Frambusia dan menjaga derajat kesehatan masyarakat melalui pembangunan kesehatan yg berwawasan lingkungan dan selalu menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di masyarakat.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023