Kesadaran masyarakat di Provinsi Jambi mulai meningkat dalam mengkonsumsi ikan yang bisa membantu dan mencegah stunting, dimana terlihat dari angka konsumsi ikan yang naik dari 39 kilogram per orang per tahun pada 2021 menjadi 41,08 kilogram per orang per tahun pada 2022.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jambi, Temawisman, di Jambi, Selasa, mengatakan telah terjadi peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat Jambi, yang naik hampir dua kilogram lebih per orang per tahun atau per kapita dimana pada 2021 jumlah angka konsumsi ikan mencapai 39 kilogram per kapita lalu meningkat pada 2022 sebanyak 41,08 kilogram per kapita.

"Alhamdulillah terjadinya peningkatan angka konsumsi ikan di masyarakat kita, yang pertama mungkin mereka sudah sadar ikan sedikit banyak bisa menekan program stunting di kabupaten dan kota," katanya.

Ia mengatakan konsumsi ikan sangat membantu penurunan kasus pertumbuhan kerdil dan gizi buruk dan masyarakat  terutama di daerah dengan stunting tinggi sudah menyadari bahwa ikan bisa mencegah hal tersebut.

Sementara untuk produksi ikan Jambi, kata dia, data terakhir untuk produksi ikan baik dari perairan umum daratan maupun perairan lautan mencapai 106 ribu ton.

"Sampai Februari untuk produksi ikan di Jambi, baik ikan patin maupun nila, ikan mas, dan hasil tangkapan perikanan tangkap di perairan umum daratan maupun di perairan laut kita dan sampai hari ini dari update terbaru hasil statistik kita itu lebih kurang 106 ribu ton pada 2022," kata Temawisman.






 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023