Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Pemerintah Kabupaten Bungo, Provinsi  Jambi menyalurkan zakat konsumtif kepada 13.300 mustahik di daerah itu.

Ketua Baznas Kabupaten Bungo Duminis di Jambi, Kamis, mengatakan pihaknya merupakan lembaga pemerintah non-struktural bergerak di bidang kehidupan sosial masyarakat dengan mengayomi masyarakat Islam melalui dana zakat bagi mereka yang membutuhkan dan fakir miskin.

"Dalam usaha membantu program pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan di daerah," kata dia.

Total zakat yang terkumpul terhitung sejak Maret 2023, termasuk saldo dana tahun 2022 berjumlah Rp3,7 miliar. Dana tersebut sudah disalurkan untuk bantuan pendidikan dan kesehatan,untuk orang terlantar, bantuan bedah rumah, dan dana untuk penanganan musibah lainnya.

Dana zakat konsumtif juga disalurkan untuk modal usaha dan bantuan anak yatim serta khitanan. Dana bantuan zakat konsumtif juga disalurkan kepada kelompok-kelompok panti jompo.

Penyerahan bantuan dari zakat konsumtif yang dilakukan Pemkab kali jni kepada fakir miskin dan pegawai syara' tersebar di seluruh kota dan desa di Kabupaten Bungo. Penyaluran melalui para petugas KUA di kecamatan, pengurus Baznas, UPS. Masing-masing penerima mendapatkan Rp200 ribu, sedangkan secara total Rp2,6 miliar.

Bupati Bungo Mashuri mengharapkan zakat konsumtif yang telah disalurkan Baznas dapat memberikan manfaat bagi umat, membantu pemenuhan kebutuhan menjelang Lebaran, dan menggerakkan perekonomian daerah.

"Ini sudah kami lakukan setiap tahunnya untuk menyalurkannya kepada para mustahik," kata dia.

Pewarta: Tuyani

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023