Kejaksaan Negeri Kabupaten Batanghari gelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Jaksa Republik Indonesia (Persaja)  ke-72 Tahun 2023 dengan tema Sinergi dan Kolaborasi Demi Kemajuan Negeri. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Batanghari Muhammad Zubair, yang bertempat di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Batanghari, Senin.

Berdasarkan amanat Jaksa Agung Republik Indonesia Burhanuddin yang di bacakan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Batanghari menyampaikan, sebagai sebuah organisasi profesi yang juga menjadi sebuah wadah tempat berhimpun nya para Jaksa dalam memupuk jiwa korsa dengan semangat Kebersamaan, Kesatuan dan Persatuan, memperkukuh kesetiakawanan, meningkatkan integritas, dan profesionalisme Jaksa.

Dan juga, Persaja tentunya sangat dibutuhkan dalam menopang pelaksanaan perannya sebagai Jaksa maupun dalam kehidupan sehari-hari agar setiap Insan Adhyaksa menyadari dirinya mampu menjadi teladan dan dapat memberikan contoh yang baik bagi lingkungan dimana ia berada.

Pada 6 Mei 2023 lalu, organisasi yang menaungi para-Jaksa di Indonesia, Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja) telah genap berusia 72 Tahun.

"Di usia Persaja yang tidak lagi muda, beragam hambatan dan tantangan telah dihadapi bersama, hal ini membuat kita semakin mengerti dalam mengaplikasi makna setiap langkah yang dilalui," katanya.

Selain itu di dalam amanatnya, Kajari Batanghari mengajak seluruh Jaksa untuk senantiasa menjalankan tugas secara profesional dan menjunjung tinggi integritas dalam tahapan penegakan hukum. 

Terlebih pada saat ini, eksistensi, peran, dan fungsi penegakan hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan menunjukkan trend positif yang dibuktikan dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan. 

Untuk skor kepercayaan publik terhadap penegakan hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan menyentuh level tertinggi dalam kurun waktu 9 (sembilan) Tahun terakhir dengan angka 80,6 (delapan puluh koma enam persen). 

"Untuk itu jangan lah berpuas hati dengan pencapaian ini, karena perjuangan justru baru saja dimulai, karena meraih itu sulit, namun mempertahankan nya akan jauh lebih sulit," kata M Zubair.

Sementara itu, kepercayaan yang dititipkan oleh masyarakat terhadap Kejaksaan oleh masyarakat tersebut hendaknya jangan dikhianati, senantiasa kita jaga sebaik-baiknya dengan penuh integritas, dengan cara tidak melakukan perbuatan-perbuatan tercela yang pada akhirnya akan menutupi keberhasilan yang telah dicapai dan mencoreng marwah oleh institusi yang dicintai bersama ini.

Diakhir amanatnya, Kajari Batanghari mengingatkan kepada seluruh keluarga besar Adhyaksa untuk sebagai pejabat publik harus senantiasa menunjukkan pengabdian melayani masyarakat dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi, menaati sumpah jabatan, menjunjung tinggi doktrin Tri Krama Adhyaksa, serta membina hubungan kerja sama dengan para pemangku kepentingan dan masyarakat.




Selesai pelaksanakan upacara peringatan HUT PESAJA ke- 72, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur yang dilakukan secara simbolis oleh Kajari dengan menyerahkan potongan tumpeng kepada salah satu Jaksa Senior dan Jaksa Junior di lingkungan Kejari Batanghari, Pegawai dan PPNPN.

Pewarta: Riski Apriyani

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023