Dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan Panglima Daerah Militer II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka melaksanakan pengecekan kelengkapan dan kesiapan posko Daops Brigdal Karhutla TNBS di Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Kedatangan Pangdam II Sriwijaya dengan menggunakan helikopter tersebut di dampingi Danrem 042/Gapu Brigjen Supriono, Kepala BPPD Provinsi Jambi Bahyuni Deliansyah beserta rombongan yang di sambut langsung oleh Wakil Bupati Tanjabtim Robby Nahliansyah beserta unsur Forkompinda di Lapangan Pesawat Capung Brigdal Taman Nasional Sembilang Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (17/5).

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan peralatan dan pasukan oleh Pangdam II Sriwijaya beserta rombongan. Dalam sambutannya Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilma Hadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan ini, sehingga kegiatan ini berjalan lancar.

Pangdam menegaskan bahwa perlu dibuat konsep terintegrasi untuk jajaran Korem yang mempunyai masalah kebakaran hutan dan lahan,"saya memahami bahwa masalah utama dalam upaya pencegahan Karhutla adalah persoalan dan anggaran untuk operasional di lapangan".Kata Pangdam.

Pangdam minta kepada jajaran Korem untuk membuat prosedur tetap penanganan Karhutla di wilayah masing-masing, tentunya bekerjasama dengan institusi lainnya seperti Polri,Pemda,BPPD,Manggala Agni,perusahaan serta ormas lainnya di wilayah nya. Jika konsep itu telah dibuat maka harus dipedomani untuk dilaksanakan.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan,untuk wilayah Provinsi Jambi sudah sangat luar biasa penanganan nya karena langsung di paparkan dengan penjelasan yang masuk akal dan ini akan kita kejar juga untuk wilayah Sumatera Selatan."Bila pemaparan dilakukan dengan konsep dan skema yang jelas,maka akan di rekomendasikan untuk dibawa ke tingkat atas apalagi jika  terkait biaya dan anggaran," kata Hilman Hadi.



 

Pewarta: Agus Suprayitno

Editor : Nanang Mairiadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023