Gubernur Jambi Al Haris meminta pemuda menjadi pelaku perubahan dalam pembangunan sehingga dapat membawa daerah menjadi lebih maju sehingga tujuan menjadi lebih cepat tercapai.

"Pemuda mempunyai peran penting sebagai pelaku perubahan dalam membangun Provinsi Jambi karena melalui pemuda, keberhasilan pembangunan dapat dicapai," kata Al Haris di Jambi, Selasa, saat membuka rapat koordinasi bidang kepemudaan 2023 yang dihadiri dari perwakilan dari setiap daerah atau kabupaten dan kota se-Jambi.

Rakor ini dinilai sangat penting karena membahas perihal kepemudaan dan tugas pentingnya dalam membantu tugas pemerintah.

Rakor ini tak hanya membahas mengenai peran pemuda dalam bidang olahraga, tapi juga menyinggung mengenai peran mereka di bidang lain.

"Apalagi saat ini kita menghadapi situasi dimana Jambi juga mendapatkan bonus demografi yang besar sekali," kata Al Haris.

Para pemuda nantinya akan memasuki dunia kerja sehingga Al Haris berharap mereka menjadi pemuda yang tangguh yang tidak terlibat narkoba, mandiri dan siap melanjutkan perjuangan bangsa.

Gubernur Al Haris juga mengatakan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah memilih Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga yang diketahui berusia dibawah 40 tahun.

Dalam pidato pelantikan sebagai Menpora baru, terdapat tiga arahan Presiden yaitu optimalisasi implementasi Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Kepemudaan dan kemudian pengembangan pemuda lebih pada arah kewirausahaan dan profesionalitas, capaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) naik.

Sehubungan dengan hal tersebut perlu untuk mengkolaborasikan arahan presiden dimaksud melalui koordinasi ide dan rencana aksi pada tingkat nasional, provinsi dan kota atau kabupaten, berkaitan dengan pemberdayaan pemuda.

Melihat problema dan tantangan yang dihadapi para pemuda dewasa ini, menurutnya, sangat diperlukan upaya yang yang sungguh-sungguh, terencana dan sistematis dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan potensi, bakat dan minat pemuda.

Dengan begitu, pemuda mempunyai kepercayaan diri yang kuat, memiliki jati diri, mampu berkarya dan berkreasi, produktif, memiliki daya saing, mampu bekerja sama dan memiliki rasa kepedulian sosial.

Dalam hal ini akan sangat kokoh jika dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat, yang berbasis ilmu pengetahuan yang tinggi.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menghasilkan solusi yang tepat untuk meningkatkan peran pemuda terutama dalam menghadapi era globalisasi saat ini," kata Al Haris.







 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Dolly Rosana


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2023